-->

Beri Pelatihan Menjahit, Maksimalkan Keterampilan Masyarakat Kampung

Posted by PORTALBERAU on 18 November 2017


GUNUNG TABUR, PORTALBERAU– PT Berau Coal melalui Yayasan Darma Bakti Berau Coal (YDBBC) memberikan pelatihan menjahit tingkat lanjut kepada masyarakat Kampung Tasuk, Kecamatan Gunung Tabur, sekitar pukul 09.00 Wita, (18/11/2017) pagi tadi. Pelatihan ini dilakukan guna memaksimalkan keterampilan menjahit masyarakat yang sebelumnya juga sudah dilaksanakan pada tahun 2015 lalu. 

PIC Program CSR Ekonomi PT Berau Coal, Sarongko Puput mengatakan tahun 2015 lalu program CSR PT Berau Coal sudah memberikan pelatian pengoperasian mesin jahit, perawatan dan juga membuat busana wanita. Pada tahun ini, PT Berau Coal kembali melanjutkan pelatihan tingkat lanjut dengan lebih menekankan ke busana pria, membuat pola, mengambil ukuran, menerapkan ke pola, dan lanjut menerapkan ke kain yang kemudian direalisasikan dalan bentuk jahitan.

“Program ini dilaksanakan karena kita melihat peluang yang besar terhadap masyarkat. Informasi yang kita dapat, jika dari pelatihan sebelumnya masyarakat sudah ada yang menerima jahitan namun masih meraba-raba. Tak ingin menghilangkan peluang tersebut, kita matangkan keterampilang mereka dengan pelatihan lanjutan ini agar nanti hasilnya lebih baik lagi,” ungkapnya usai kegiatan pagi tadi.

Dikatakannya, masyarkaat yang ikut dalam pelatihan ini yaitu masyarakat yang sudah mengikuti pelatihan sebelumnya. Namun, jika ada masyarkat yang baru ikut, diharapkan yang memang sudah bisa mengoperasikan mesin dan tinggal meningkatkan keterampilan dalam membentuk pola jahitan.

“Kita harap kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Dalam kegiatan ini pun kita berikan kenang-kenangan yaitu pola dan juga kain untuk masyarkat yang ikut dalan pelatihan lanjutan ini,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Kampung Tasuk, Faridah mengucapkan terimakasih dan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan PT Berau Coal ini. Dikatakannya, jika ini sudah menjadi harapan sejak lama untuk memberikan keterampilang masyarkat kampung terutama menjahit. Pasalnya, dulu masyarakat harus menempuh perjalanan cukup jauh hanya untuk menjahit pakaian baik itu ke menyeberang ke Kecamatan Teluk bayur maupun ke Tanjung Redeb.

“Kalau ada yang bisa jahit disini (Kampung Tasuk) kan lebih baik. Dengan mereka mengikuti pelatihan ini pun setidaknya bisa menambah penghasilan ibu-ibu untuk membantu suami,” jelasnya.

Farida mengakui jika saat ini memang ada penjahit di Kampung Tasuk namun belum maksimal. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan yang sudah ada bisa maksimal dan mungkin meningkatkan keahliannya dengan membordir dan obras.

“Dengan kegiatan ini kita harap kedepannya menjadi salah satu kegiatan yang akan dimasukkan dalam Badan Usaha Milik Desa (Dumdes) sehingga mereka memiliki kelompok usaha dibawah naungan Bumdes,” Pungkasnya. (Tim/Adventorial)


» Terimakasih telah membaca: Beri Pelatihan Menjahit, Maksimalkan Keterampilan Masyarakat Kampung

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 18, 2017

0 comments :

Post a Comment