-->

Banyak Pulau Milik Berau Dikuasai Asing, KKP : Ini Permasalah Serius

Posted by marta on 21 November 2017

panorama-jtb.com

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Untuk melindungi sekaligus memanfaatkan keberadaan pulau-pulau kecil terluar yang tersebar di Kabupaten Berau, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), menggelar sosialisasi yang dihadiri sejumlah pejabat lingkungan Pemkab Berau, Jumat (17/11/2017).

Tak hanya itu, pelaksanaan kegiatan tersebut juga sebagai upaya antisipasi dan menjaga beberapa pulau di perbatasan perairan Malaysia dan Filipina yang ada di Berau. Hal itu berdasarkan pengalaman pahit Indonesia yang pernah kehilangan dua pulaunya, yakni Sipadan dan Ligitan, beberapa tahun lalu. 

Kasubdit Pengolahan Ekosistem Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ahmad Aris, mengungkapkan, saat ini pemerintah telah mendaftarkan sekitar 16.056 pulau yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia ke Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), termasuk Pulau Sambit dan Pulau Maratua, Kabupaten Berau. Namun masih ada 1.448 pulau yang belum didaftarkan.

Berbagai persoalan, sebenarnya muncul di sejumlah pulau di Kabupaten Berau. Namun, yang menjadi perhatian cukup serius bagi Pemerintah Pusat ialah keberadaan Pulau Sambit dan Pulau Maratua, sebab berbatasan langsung dengan Negara lainnya.

Diantara persoalan tersebut, dikatakan Aris, tidak menutup kemungkinan dapat mengancam kedaulatan NKRI. Pasalnya beberapa pulau telah dikuasai oleh koorporasi asing. 

“Misalnya Pulau Bakungan, yang mengelola itu orang Jerman. Bahkan, orang lokal pun tidak bisa masuk ke pulau itu. Ini yang bahaya. Itu pulau kita, tapi yang berkuasa malah asing,” ungkapnya.

Demikian juga di Pulau Maratua. Menurutnya, ada sebagian perusahaan asing yang berinvestasi namun tidak sesuai prosedur.

“Contohnya, ada lahan yang dikuasai Warga Negara Asing (WNA). WNA ini menikah dengan warga Maratua yang punya lahan 20 hektare, kemudian dibangun resort,” Tambahnya. 

Sementara itu, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 6 tahun 2017, Pulau Maratua masuk sebagai Kawasan Pengelolaan Pulau Kecil Terluar. 

“Ini persoalan serius yang akan kami sampaikan langsung ke Presiden,” tegasnya.
Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Budidaya Perikanan, Dinas Perikanan Berau, Yunda Zuliarsih menyebut, cukup sulit bagi Pemkab Berau untuk mengatasi persoalan tersebut. Lantaran, saat ini tidak ada lagi kewenangan terkait hal tersebut. 

“Persoalan itu memang benar adanya. Memang ada perusahaan asing yang mendirikan resort di Pulau Maratua termasuk di Nabuco, Pulau Kaniungan dan sebagainya,” ujar Yunda.
Saat ini, Pemerintah Pusat melalui KKP, sedang gencar mengelola Pulau Maratua dan Pulau Sambit. KKP juga berencana akan membuat zona hak kelola lahan untuk masyrakat. “Hal ini, selain agar peluang usaha bagi masyarakat lokal terbuka lebar, juga untuk mencegah pulau terluar ini dikuasai masyarakat asing,” pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Banyak Pulau Milik Berau Dikuasai Asing, KKP : Ini Permasalah Serius

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 21, 2017

0 comments :

Post a Comment