-->

Kelola BUMK, Ini Peluang yang Bisa Diperoleh Kampung

Posted by PORTALBERAU on 21 November 2017

SUMBER: INTERNET
TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Melalui Badan Usaha Milik Kampung (BUMK), setiap kampung diyakini memiliki peluang untuk meningkatkan pendapatan asli kampung dengan memanfaatkan potensi yang ada di Kampung. Sehingga kampung tidak hanya mengelola anggaran yang dikucurkan melalui Alokasi Dana Kampung (DAK) dari pemerintah kabupaten maupun dana desa dari pemerintah pusat.

Pemkab Berau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) terus mendorong pemerintah kampung untuk membentuk BUMK, minimal disetiap kampung ada 1 unit BUMK unggulan. Sehingga se Kabupaten Berau akan terdapat 100 BUMK sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap kampung.

Kepala DMPK Berau, Ilyas Natsir, mengungkapkan hingga saat ini baru terbentuk 28 BUMK dengan berbagai jenis usaha. Pihaknya terus memotivasi peemerintah kampung untuk dapat membentuk BUMK sebagai salah satu unit usaha yang menggerakkan ekonomi masyarakat dan menjadi sumber pendapatan asli kampung, yang hasilnya dikembali ke kampung dengan berbagai program pembangunan.

“Kami terus mendorong kampung membentuk BUMK, saat ini sudah ada 28 BUMK dan kita target setiap satu kampung minimal ada 1 BUMK,” jelasnya.

Beberapa BUMK yang sudah terbentuk dijelaskan Ilyas, seperti dengan usaha pengolahan berbagai produk rumahan berbahan baku kearifan lokal yang diwujudkan, maupun berbagai jenis kerajinan karya masyarakat yang dikelola melalui BUMK yang sudah terbentuk di Kampung Bena Baru Kecamatan Sambaliung sebagai salah satu kampung budaya di Kabupaten Berau. BUMK dalam pengelolaan kawasan pariwisata juga sudah terbentuk, salah satunya ada di Kampung Tanjung Batu Kecamatan Pulau Derawan yang mengembangkan kawasan wisata mangrove dan sudah mulai banyak mendapat kunjungan wisatawan.

Dalam pemberdayaan masyarakat, BUMK melalui pasar rakyat disampaikan Ilyas juga memberikan dampak pada pendapatan kampung. Seperti yang sudah dilakukan di Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur. Pasar rakyat yang dikelola BUMK di kampung ini sudah menghasilkan hingga Rp 57 juta di tahun 2017 ini.

“Jadi masing masing kampung kita dorong untuk menggalai potensinya dan dikelola dengan maksimal melalui BUMK, ekonomi masyarakat tergerak dan pendapatan kampung sebagai modal pembangunan bertambah,” tandasnya. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: Kelola BUMK, Ini Peluang yang Bisa Diperoleh Kampung

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 21, 2017

0 comments :

Post a Comment