-->

Ini Rencana Besaran Jumlah APBD Tahun 2018

Posted by PORTALBERAU on 17 November 2017

Istimewa

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau menggelar rapat paripurna dengan agenda penyerahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2018.


Ketua DPRD Berau mengatakan jika Draf RAPBD yang diserahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Jhoni Marhansyah akan langsung dibahas pada hari ini juga agar pengesahan bisa dilakukan lebih cepat.

"Sesuai jadwal Badan Musyawarah (Banmus), setelah penyerahan draf maka akan langsung kita bahas," ungkapnya.

Menurut Syarifatul, pembahasan ini bukan hanya melanjutkan Nita kesepakatan yang dilakukan pada bulan November lalu dalam KUA-PPAS. sehingga pembahasan dan kebijakan tak akan berubah

"Kita akan cek dan menelaah draf yang ada ini, karena ini hanya meneruskan jadi langsung kita bahas," tambahnya.

Dengan target yang ada. Ketua DPRD Berau mengatakan jika pengesahan RAPBD menjadi APBD 2018 diperkirakan tak lewat dari tanggal 27 November mendatang.

"Kalau tidak ada halangan, target kita pengesahannya tidak lewat dari November ini," bebernya

Terpisah, Jonie Marhansyah dalam sambutannya membacakan RAPBD yang mengacu pada kebijakan pendapatan dan penerimaan biaya yang telah disamampaikan, maka APBD Tahun 2018 direncanakan sekitar Rp 1.867.000.000.000.

Disampaikanny jika rencana anggaran tersebut bersumber dari PAD sebesar Rp 242.728.000.000, selain itu dari dana perimbangan sebesar 1.368.358.125.000, sementara itu dari pendapatan yang sah lainnya sebesar 255.913.875.

Pendapatan asli daerah sendiri yakni ada 4  komponen yang menyumbang yakni pajak daerah, retribusi daerah, hasil kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain PAD. Untuk dana perimbangan terdiri dari dana bagi hasil pajak dan bukan pajak, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus.

"Sementara yang lain juga yakni terdiri dari dana bagi hasil pajak provinsi dan Pemkab dan dana desa dan desa adat," pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Ini Rencana Besaran Jumlah APBD Tahun 2018

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 17, 2017

0 comments :

Post a Comment