-->

Dengan Cara ini, Kampung Bena Baru Dukung Wujudkan Berau Sehat

Posted by PORTALBERAU on 23 November 2017

Dok Humas Pemkab
TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU - Disaksikan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo dan Camat Sambaliung, Saharuddin, beserta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Berau. Penjabat (Pj) Kepala Kampung Bena Baru, Yulius LW bersama sama masyarakat mendeklarasikan ODF (Open Defecation Free) atau stop buang air besar sembarangan. Gerakan satinasi total berbasis masyarakat (STBM) pilar pertama ini merupakan yang pertama di Kabupaten Berau. Dimana masyarakat berkomitmen bersama untuk mewujudkan prilaku hidup bersih dan sehat. Deklarasi ODF digelar di Balai Adat Kampung Bena Baru, Rabu (22/11) kemarin.

Pj Kepala Kampung Bena Baru, Yulius LW, atas nama masyarakat Bena Baru menyampaikan terima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder dalam gerakan sanitasi berbasis masyarakat pilar pertama. Meskipun awalnya diakui cukup berat untuk dilakukan namun dengan kerjasama dan komitmen seluruh masyarakat kini di kampung Bena Baru tidak lagi ada masyarakat yang buang air besar sembarangan.

“Alhamdulillah dengan dukungan seluruh pihak ini bisa kami wujudkan untuk menjadikan Bena Baru kampung bersih dan sehat,” ungkapnya.

Sementara Kepala Puskesmas Sambaliung, dr Sulistiawati, mengungkapkan gerakan STBM di Bena Baru merupakan kerjasama dari seluruh elemen, terutama lembaga kampung dan masyarakat.

Deklarasi ODF ini telah diawali dengan proses bertahap mulai dari sosialisasi, pendampingan dan komitmen bersama masyarakat untuk mau berbenah dan bersama sama berprilaku hidup bersih dan sehat. Setelah melalui tahapan dan verifikasi Bena Baru kita menjadi kampung ODF. Sehingga dengan deklarasi ini menjadi awal untuk terus dipertahankan dan terus diperluas ke kampung kampung lain guna mencapai Berau Sehat.

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo Dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada masyarakat kampung Bena Baru yang telah mendeklarasikan ODF stop buang air besar sembarangan. Seluruh rumah masyarakat di Bena Baru telah dilengkapi dengan fasilitas toilet keluarga.

Prilaku buang air besar sembarangan disampaikan Wabup memberikan dampak kepada kesehatan manusia. Sehingga pemerintah terus mendorong masyarakat untuk tidak lagi buang air besar sembarangan.

“Kami mengapresiasi apa yang telah dilakukan masyarakat Kampung Bena Baru,” ungkapnya.

Tidak hanya untuk kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat namun gerakan stop sanitasi total berbasis masyarakat di Bena Baru menurutnya sangat penting mengingatkan kampung ini merupakan destinasi wisata budaya di Kabupaten Berau. Sehingga tidak sedikit wisatawan yang datang untuk menyaksikan pentas budaya dan tradisi masyarakat setempat. Tidak adanya fasilitas penginapan maka wisatawan bisa memilih rumah penduduk atau homestay. Untuk itu keberadaan fasilitas toilet yang memadai harus tersedia untuk melayani wisatawan.

“Ini juga mendukung pariwisata, sehingga setiap rumah mutlak harus ada fasilitas wcnya,” tandasnya.

Gerakan ini disampaikan Agus tidak hanya mengajak masyarakat untuk tidak BAB sembarangan. Lebih dari itu juga bersama sama mewujudkan lingkungan bersih dan sehat. Mulai dari tidak membuang sampah sembarangan, membiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum makan, maupun peduli lingkungan yang dilakukan secara bersama sama. (hms4)



» Terimakasih telah membaca: Dengan Cara ini, Kampung Bena Baru Dukung Wujudkan Berau Sehat

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 23, 2017

0 comments :

Post a Comment