-->

Hormati Hak Pasien, RSUD Abdul Rivai Berlakukan Jam Besuk

Posted by marta on 4 November 2017




TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Saat ini belum banyak masyarakat yang mengetahui jadwal jam besuk pasien dirumah sakit, terutama masyarkat yang berada di kecamatan yang cukup jauh. Akibatnya masih ada masyarkat yang datang di luar jam besuk dan tak jarang membuat kekecewaan terhadap pelayanan rumah sakit.
Menanggapi hal tersebut, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Rivai melalui Humas, Erva Anggrianaa mengatakan jika Sesuai standar akreditasi RS, pihaknya sekarang memberlakukan jam besuk atau jam kunjung pasien hanya pada siang hari pada pukul 11.00 Wita hingga 14.00 Wita dan sore hari pukul 16.00 Wita hingga 20.00 Wita.

“Tujuannya itu untuk menghormati hak pasien yang dirawat agar mendapat perawatan yg maximal, Selain itu juga mempermudah petugas untuk mengontrol keamanan RS,” ungkapnya.

Erva mengakui jika menggunjungi orang sakit memang merupakan budaya yang berakar kuat dan masih sering dilakukan dalam masyarakat kita. Untuk menjaga ketenangan dan kenyamanan pasien yang akan dikunjungi maupun pasien lainnya maka kunjungan dapat dilakukan saat jam berkunjung.

“Dilakukan secara bergantian, tidak berbicara keras dan segera meninggalkan ruang perawatan bila jam kunjung usai. Privasi pasien sangat penting bagi kami,” tambahnya. 

Dijelaskannya, untuk mendampingin pasien pun dibatasi hanya untuk 2 orang yang dilengkapi dengan ID Card. Jika ada keluarga pasien yang lain datang dan ingin membesuk, bisa bergantian sementara dengan pendamping. Karena hanya pendamping yang memiliki id card yg diperbolehkan mendampingi pasien d luar jam besuk.

“Id card bisa didapatkan d kasir. Berdasarkan kebijakan direktur, untuk mendapatkan id card ini pendamping diharapkan memberikan uang jaminan sebesar 50 ribu yang nantinya akan dikembalikan saat pasien dipulangkan dan id card dikembalikan oleh pendamping,” ujarnya. 

Hal ini agar keluarga pasien bisa ikut bertanggungjawab terhadap fasilitas RS. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan id card sering tak dikembalikan dengan alasan hilang. Jika tidak diberlakukan pembayaran id card, dikhawatirkan ada saja pendamping yang curang mengumpulkan id card sehingga keluarga besar bisa masuk tanpa melihat jam besuk dgn alasan memiliki id card.

“Jam besuk ini sudah kita sosialisasikan sejak Oktober 2017 dan saat ini sudah diberlakukan. Pihaknya juga sadar suatu perubahan pasti ada pro dan kontra. Tapi perlu dibijaki oleh setiap lapisan masyarakat, kebijakan ini semata-mata untuk kebaikan bersama, baik untuk pasien, pendamping, pengunjung maupun petugas,” pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Hormati Hak Pasien, RSUD Abdul Rivai Berlakukan Jam Besuk

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 04, 2017

1 comments :

  1. Good policy...menghormati hak pasien harus diutamakan.

    ReplyDelete