-->

Kembali Diamanahi, Madri Pani Bertekad Pertahankan Kemajuan Gurimbang

Posted by marta on 2 November 2017


ISTIMEWA
“Keberhasilaan pembangunan di suatu kampung, tentunya tidak lepas dari komitmen kuat dari pemimpinnya untuk memajukan kampung. Dan komitmen kuat hanya dimiliki orang-orang yang benar-benar tulus dalam membangun daerahnya”

SAMBALIUNG, PORTALBERAU- Dikenal sebagai pribadi yang tegas, Madri Pani, pria kelahiran Samburakat, 3 Maret 1972, mantan Kepala Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, ini memang kerap blak-blakan saat memberikan kritikan maupun masukan kepada perusahaan-perusahaan tambang yang beroperasi di daerahnya. 

Namun, pribadi tegasnya itu, rupanya malah membawa berkah bagi kampung yang ia pimpin sejak Februari 2011 hingga Februari 2017 lalu. Terbukti dengan prestasi Kampung Gurimbang, yang mendapatkan gelar juara I sebagai Kampung dan Kepala Kampung terbaik tingkat Nasional, beberapa tahun lalu. Gelar itu juga yang mengantarkan langkah kaki Pay (demikian sapaan akrabnya), hingga sampai ke istana negara.

Saat masa jabatannya berakhir, sudah banyak pembangunan di masyarakat maupun infrastruktur yang semakin maju sejak masa kepemimpinannya.
Tak hanya dukungan dari keluarga dan masyarakat, dalam Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak yang dilaksanakan 25 Oktober 2017 lalu, Pay kembali maju. Dari enam orang calon, suami dari Jumiati ini, meraih suara terbanyak dan menang telak. 

Jumlah suara yang ia dapatkan pada Pilkakam putaran pertama sebanyak 465, dan 537 pada putaran kedua dari 914 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dengan secara otomatis, kini dirinya kembali memimpin kampung yang dikenal cukup banyak menghasilkan udang, kepiting dan kerang itu. 

Pay, putra dari Bapak Jalil dan Ibu Barlian ini, memiliki komitmen yang sangat kuat untuk mensejahterahkan masyarakatnya. Namun baginya, meningkatkan mutu pendidikan dan agama, adalah yang paling penting sebelumnya. 

“Semua akan lebih baik jika masyarakatnya berpendidikan agama yang baik. Tinggal bagaimana masyarakatnya lagi. Dan jalannya, kita bisa meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian dan perkebunan yang berkesinambungan serta jangka panjang,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Ketua P-Apdesi itu.

Ada cita-cita yang ingin dilakukan Pay di masa kepemimpinan saat ini. Ia ingin menciptakan aplikasi sistem keuangan desa berbasis online. Dengan sistem itu, ayah dari Athaillah ini yakin dapat menciptakan sistem keuangan yang transparan. Sebab menurutnya, sistem pemerintahan yang transparan inilah yang dapat membawa kemajuan bagi kampung.
 
Melalui kampung, ia juga ingin membantu Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Alokasi Dana Kampung (ADK) agar dapat digunakan dengan cara transparan, akuntabel serta tepat sasaran.

Tak hanya itu, Pay yang dikenal sebagai figur yang cukup vokal ini juga, dalam masa kepemimpinannya akan menggiring rencana penambangan di Kampung Gurimbang terkait MoU antara masyarakat dengan pihak ketiga. Itu dilakukannya supaya masyarakat mempunyai pegangan agar tidak dirugikan dikemudian hari dan tentunya agar perusahaan tidak ingkar janji. 

“Namun yang paling terpenting adalah menjaga prestasi yang sudah diraih agar lebih baik ke depannya, dengan cara melakukan evaluasi demi evaluasi dan perbaikan,” ucapnya.

Kembali diberikan kepercayaan menjadi pemimpin Kampung Gurimbang, Pay juga berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan yang belum terealisasi.
Ada satu hal yang menjadi pegangan dan prinsipnya. Baginya, menjadi Kepala Kampung yang cerdas bukan hanya bagaimana bisa mengawal ADK dengan baik, namun bagaimana bisa menciptakan lubang-lubang pendapatan kampung dari selain ADK, misalnya mengupayakan dana APBD, Provinsi maupun Pusat agar dapat dikucurkan ke kampung.

”ADK tidak perlu lagi dikawal, karna di Kecamatan sudah ada tim pengawal. Yang harus dilakukan ya bagaimana mendatangkan anggaran-anggaran lain untuk pembangunan di kampung. Tidak berpatokan pada ADK saja,” pungkasnya. 

VISI

“Terwujudnya masyarakat Kampung Gurimbang  yang Sejahtera, Aman , Tertib dan Indah ( SEJATI )“

SEJAHTERA : Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung Gurimbang dengan melibatkan langsung masyarakat Kampung Gurimbang dalam berbagai bentuk kegiatan.
 
AMAN       : Menciptakan dan meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

TERTIB      : Meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dengan tertib administrasi, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

INDAH       : Penataan ruang wilayah kampung dengan mengutamakan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

MISI

Melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kampung Gurimbang  periode lalu, sebagaimana tercantum dalam dokumen  RPJM Kampung Gurimbang. (tim)

» Terimakasih telah membaca: Kembali Diamanahi, Madri Pani Bertekad Pertahankan Kemajuan Gurimbang

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 02, 2017

0 comments :

Post a Comment