-->

Kerjasama dengan Samsung, Ini yang Dilakukan PMI Berau

Posted by PORTALBERAU on 27 November 2017


TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU - Selama dua tahun berturut-turut, PMI Kabupaten Berau menjadi salah satu pelaksana Program Air, Sanitasi dan Promosi Kebersihan (Program WASH) dukungan Palang Merah Indonesia, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Palang Merah Korea, Community Chest of Korea dan Samsung, 

Program ini dijalankan dengan membangun fasilitas air dan sanitasi serta promosi kebersihan, baik di masyarakat maupun di sekolah. Program ini hanya dilaksanakan di dua Negara, yaitu Indonesia dan Myanmar. Di Indonesia, kegiatan ini dipusatkan di Blitar dan Lumajang Jwa Timur. Sedangkan di Kaltim, dilaksanakan di Kabupaten Kutai Timur dan Berau.

Menurut Koordinator Program PMI Berau Eta Setiawan, program ini dilaksanakan di dua kampung, yakni Kampung Tumbit Melayu Kecamatan Teluk Bayur dan Sukan Tengah Kecamatan Sambaliung. Kedua kampung tersebut merupakan kampung semi urban atau yang tidak terlalu jauh dari perkotaan, tetapi belum tersedia fasilitas air bersih dan sanitasi yang memadai, ditambah lagi masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat.

“Melalui program ini, kami membangun fasilitas fisik, seperti fasilitas instalasi pengolahan air, sanitasi dan tempat pembuangan sampah yang sifatnya komunal. Fasilitas ini juga dibangun di tempat-tempat umum seperti masjid, gereja, balai pertemuan, posyandu dan di sekolah,” kata Eta Setiawan.

Selain itu PMI Berau juga memberikan sosialisasi tentang kesehatan, kebersihan, siap siaga bencana, pengurangan resiko bencana dan pelatihan pertolongan pertama kepada masyarakat dan pelajar yang ada di dua kampung tersebut.

Eta mengatakan, secara keseluruhan, program ini berjalan lancar berkat keberadaan relawan kampung, yang turut membantu pelaksanaan program. “Jadi program ini memang dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Yang kita harapkan dapat merubah perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat,” jelasnya.

Terpisah, Ketua PMI Berau dr Said Amri, didampingi Sekretaris PMI Hatta Basrie mengatakan, program ini telah memasuki tahun ke - 3 yang merupakan tahun terakhir dari program sejak dijalankan pertama kalinya awal tahun 2015 yang lalu.

“Kita harapkan di akhir program nantinya, fasilitas yang telah kita bangun dapat dimanfaatkan dengan baik oleh, terutama untuk pengelolaan dan perawatannya. Nanti kami akan memberikan pelatihan-pelatihan khusus kepada relawan-relawan, sehingga memudahkan mereka mengelola fasilitas yang  diserahkan kepada masyarakat,” tandasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Kerjasama dengan Samsung, Ini yang Dilakukan PMI Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 27, 2017

0 comments :

Post a Comment