-->

Mulai Pengawasan, Hingga Pasar Murah Akan Digelar Diskoperindag

Posted by PORTALBERAU on 24 November 2017

Dok Pemkab
TANJUNG REDEB, Dalam menyambut Natal dan tgahun baru, rencananya Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau, bakal menggelar pasar murah. Tak hanya itu, Diskoperindag juga akan melakukan pengawasan terhadap cadangan dan harga pangan.

Kepala Disperindagkop Berau, Wiyati mengatakan, pasar murah ini bertujuan untuk menstabilkan harga bahan pangan, yang cenderung mengalami kenaikan saat hari besar seperti hari raya Idul Fitri, Natal dan pergantian tahun,

“Jadwalnya belum bisa kami pastikan, tapi biasanya digelar bulan Desember nanti, berdekatan dengan perayaan Natal dan tahun baru,” ujar mantan Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah ini.

Seperti biasa, pasar murah ini akan digelar di sejumlah kecamatan, seperti Tanjung Redeb hingga Kecamatan Kelay dan Segah. Beberapa bahan pokok yang akan dijual di bawah harga pasaran diantaranya beras, gula, minyak goreng, tepung, susu, hingga minuman yang menjadi kebutuhan masyarakat baik untuk keperluan jelang Natal dan tahun baru.

Dalam program pasar murah ini, Disperindagkop bekerja sama dengan agen dan menjual bahan pokok dengan harga agen. Sehingga harga jual jauh lebih murah dari harga di pasaran.

Dengan adanya pasar murah itu diharapkan bisa mengurangi keresahan masyarakat akan tingginya harga kebutuhan bahan pokok, khususnya menjelang perayaan hari-hari besar, sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat.

Dijelaskannya, pasar murah ini merupakan upaya antisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok. “Karena biasanya menjelang perayaan Natal dan tahun baru harga barang naik. Makanya dibuat pasar murah, biar warga tidak kesulitan,” jelasnya.

Wiyati mengatakan, kenaikan harga biasanya dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya distribusi yang terhambat karena cuaca buruk, atau proses bongkar muatnya membutuhkan waktu lama. Bisa juga karena ulah spekulan yang menimbun bahan pangan, sehingga mengakibatkan permintaan meningkat sementara barang yang dibutuhkan tidak tersedia, akibatnya bisa ditebak, harga melonjak naik.

Meski demikian, Wiyati mengimbau warga agar tidak panik, pasalnya Disperindagkop selama ini terus memantau harga dan cadangan kebutuhan bahan pangan, sehingga pihaknya memastikan tidak terjadi kelangkaan.


“Hingga kini, akmi terus melakukan pengawasan terhadap pasokan, distribusi dan harga bahan pangan di Kabupaten Berau, dan pemantauan ini kami lakukan setiap hari,” ungkapnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Mulai Pengawasan, Hingga Pasar Murah Akan Digelar Diskoperindag

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 24, 2017

0 comments :

Post a Comment