-->

Pentingnya Pertanian Berkelanjutan, Pemkab Berau Apresiasi Program Menapak Indonesia

Posted by marta on 28 November 2017


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Pemkab Berau melalui Dinas Pertanian Berau mengapresiasi program Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perkumpulan Menapak Indonesia, dalam melaksanakan program pengembangan pertanian berkelanjutan di beberapa kampung dampingan yang ada di Kabupaten Berau. 

Apresiasi tersebut disampaikan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, melalui Kepala Dinas Pertanian, Suparno, saat menghadiri sekaligus membuka seminar nasional dan juga bedah buku berjudul ‘Menapak Jalan Pertanian Berkelanjutan’ yang dilaksanakan Menapak Indonesia dan didukung oleh MCA-Indonesia, Selasa (28/11/2017), di Hotel Derawan Indah.

Dalam sambutannya, Suparno mengatakan langkah yang dilakukan Menapak Indonesia dalam mengembangkan sektor pertanian berkelanjutan tersebut, merupakan langkah strategis yang dapat meningkatkan ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Berau. 

Saat ini, Kabupaten Berau memiliki cakupan wilayah yang luas dan sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai lahan pertanian. Sehingga, melalui kegiatan tersebut juga, LSM ini diminta untuk tetap konsisten dalam memberikan pendampingan serta penyuluhan kepada petani di Berau.

“Termasuk bedah buku ini juga merupakan satu rangkaian yang selaras. Buku yang dibedah sangat berkaitan erat dengan apa yang dilakukan untuk mengembangkan pertanian berkelanjutan. Dan tentunya selaras juga dengan program pemerintah untuk mewujudkan daya saing petani,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyebutkan tolok ukur keberhasilan pertanian terletak pada kesejahteraan para petaninya, sebab jika para petani sejahtera maka hal itu dapat menjadi indikator keberhasilan pengembangan sektor pertanian berkelanjutan seperti yang digaung-gaungakan. 

“Walaupun memang keterbatasan sumber daya dan modal serta infrastruktur pertanian saat ini terkadang menjadi kendala untuk menuntaskan program ini. Tapi petani tidak boleh berkecil hati, sebab pemerintah akan tetap memberikan perhatian kepada para petani untuk mencapai ketahanan pangan saat ini,” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari Perkumpulan Menapak Indonesia, Wowon M Taufiq, menjelaskan saat ini pihaknya telah melakukan pendampingan di sejumlah kampung terutama yang menjadi sentra pertanian di Kecamatan Talisayan dan Biatan. Adapun program tersebut merupakan upaya pihaknya untuk meningkatkan ketahanan pangan yang digadang-gadang pemerintah daerah.


Upaya tersebut di mulai dari mendorong para petani lokal untuk mulai memproduksi beras organik. Beras organik sendiri saat ini cukup banyak dimanfaatkan negara-negara lain karena dinilai lebih aman untuk dikonsumsi.
Diakuinya, saat ini para petani masih belum mandiri dalam melakukan pertanian, sebab selama ini masih ketergantungan dengan subsidi bibit, pupuk dan pestisida yang jika subsidi tersebut dicabut para petani justru akan mengalami kesulitan. 

“Kita juga memperkaya pengetahuan para petani teentang pangan. Maka dalam seminar ini, persoalan bibit, pupuk, pestisida maupun lahan pertanian merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam pembahasan,” jelasnya.

Melalui seminar tersebut juga diharapkan dapat menemukan beragam solusi yang dapat digunakan untuk mengembangkan sektor pertanian berkelanjutan di Kabupaten Berau.
“Salah satunya soal pemasaran. Karena selama ini yang menjadi PR bagi petani adalah tidak adanya pasar untuk mendistribusikan produk pertanian mereka,” tandasnya.

Adapun pemateri yang hadir dalam seminar tersebut merupakan pemateri nasional yang berasal dari para praktisi, akademisi, dan LSM Nasional. Sementara itu, peserta yang hadir juga merupakan perwakilan dari beberapa kampung dampingan, LSM lokal, perusahaan, hingga perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Berau. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Pentingnya Pertanian Berkelanjutan, Pemkab Berau Apresiasi Program Menapak Indonesia

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 28, 2017

0 comments :

Post a Comment