-->

Waaaaah, Siswa-Siswi Diajari Menyembunyikan Telur Penyu

Posted by PORTALBERAU on 25 November 2017


PULAU DERAWAN, PORTALBERAU  – Sekitar 50 Siswa-siswi Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Perikanan, Pulau Derawan dengan semangat mengikuti edukasi dan training singkat terkait reolkasi telur penyu yang dilakukan oleh Profauna Borneo para Kamis (24/11/2017) lalu.
Koordinator Profauna, Bayu Sandi mengatakan dalam pelatihan itu para siswa dilatih untuk menyembunyikan telur penyu jika ada yang mereka dapati, sehingga susah dilacak oleh pencuri telur penyu. Teknik relokasi telur penyu seperti ini juga penting untuk menyelamatkan telur penyu dari kebusukan karena terendam air laut.

“Di alam beberapa penyu membuat sarang terlalu dekat dengan garis air sehingga rawan “kebanjiran” dan telur menjadi busuk atau tidak bisa menetas. Sehingga diperlukan relokasi untuk menyelamatkannya,” ungkap Bayu

Dikatakannya, perlindungan terhadap penyu ini merupakan tugas semua pihak. Tekhik yang diberikan ini juga sebagai langkah memberi edukasi agar para pelajar peduli dan menjaga penyu mulai dari telur hingga satwanya.

Seperti di Indonesia, Turki pun sudah memberlakukan perlindungan penuh kepada penyu. Namun memang ada bedanya. Jika di Indonesia masyarakat masih sembunyi-sembunyi makan telur pengu bahkan dagingnya dan jika diingatkan terkadang ada yang komplain, sementara di daerah Pamukele, Turki, preman atau mafia sekalipun tidak berani bermaik dengan penyu karena resko hukuman sangat berat.

“Kalau disana, hukum perlindungan penyu dijunjung tinggi oleh pemerintahnya terlebih dibawah erdogan. Jadi, kita harap generasi muda di Berau juga bisa menjadi generasi yang dapat menjaga kelestarian penyu di Berau,” pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Waaaaah, Siswa-Siswi Diajari Menyembunyikan Telur Penyu

Related Posts

Portal Berau Updated at: November 25, 2017

0 comments :

Post a Comment