-->

Begini Rencana Disdik Terkait Rencana Sekolah Alam di Berau

Posted by PORTALBERAU on 27 December 2017


TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU - Setelah melakukan pertemuan dengan Lendo Novo dalam rencana membentuk Sekolah Alam, Dinas Pendidikan (Disdik) Berau akan segera menindaklanjutinya. Langkah yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini adalah mengunjungi lokasi sekolah alam di Bogor serta mengkaji aturan-aturan yang ada di dalamnya.

Disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan, Didi Rahmadi, ada beberapa hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu dalam pembentukan sekolah alam ini. Salah satunya aturan yang ada di dalamnya, karena target akhir dalam jenjang pendidikan ini adalah pelaksanaan ujian, rapor dan tardaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Apakah ini nantinya ada juga dalam sekolah alam, kita masih mengkaji lagi. Kita juga akan berkunjung ke sekolah alam nantinya untuk melihat pola-pola yang diterapkan dan aturannya,” ujarnya didamping Kepala Bidang P2TK, Suprapto.

Dalam pelaksanaannya, sekolah alam ini lebih fokus pada empat bidang dasar, pembinaan akhlak, logika, kepemimpinan dan bisnis. Tentu dalam pembelajaran ini, tenaga pengajar juga tidak seperti guru-guru lainnya. Hal ini juga yang akan dikaji Disdik, untuk pemenuhan tenaga pengajarnya.

“Kita lihat dulu aturannya seperti apa, kemudian kita padukan dengan aturan pemerintah,” katanya.

Tujuan dari pembentukan sekolah alam ini, disampaikan Didi, untuk menghidari putusnya jenjang pendidikan khususnya bagi daerah yang belum memiliki sekolah. Dicontohkannya, seperti yang ada di Balikukup, belum adanya SMP membuat sebagian besar anak-anak di sana tidak melanjutkan pendidikan.

“Kalau ada sekolah alam nantinya mereka bisa tetap melanjutkan pendidikan, tanpa harus meninggalkan kampungnya. Tujuannya adalah kelanjutan jenjang pendidikan meskipun cara pembelajarannya berbeda,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Agus Tantomo berencana membentuk sekolah alam di Bumi Batiwakkal. Hal itu setelah ia bertemu dengan Lendo Novo, penggagas Sekolah Alam pertama kalinya di Bandung, Jawa Barat.

Sekolah Alam merupakan konsep pendidikan yang digagas Lendo Novo berdasarkan keprihatinannya akan biaya pendidikan yang semakin tidak terjangkau oleh masyarakat. Ide membangun sekolah alam adalah agar membuat sekolah dengan kualitas sangat tinggi, tetapi dengan harga terjangkau.

Rencananya, sekolah alam ingin diwujudkan pada tahun ajaran 2018-2019. Konsep sekolah alam, menurut Agus tak jauh berbeda dengan homeschooling. Proses belajar mengajar lebih dilakukan di ruang terbuka. Bahkan, konsep ini diakui lebih bagus kualitasnya.

Untuk di Kabupaten Berau, rencananya sekolah alam yang digagas setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pasalnya, yang jadi permasalahan di perkampungan belum meratanya keberadaan SMP. Lain halnya dengan tingkat Sekolah Dasar (SD) yang rata-rata di setiap kampung sudah tersedia.

Dengan keberadaan sekolah alam, diharapkan Agus, anak-anak di kampung tidak ada putus sekolah atau hanya menyelesaikan pendidikan di tingkat dasar saja. Terkait pembiayaan, diungkapkannya, Pemkab Berau akan mengupayakan membantu mencarikan anggaran, salah satunya dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Berau. (hms5).


» Terimakasih telah membaca: Begini Rencana Disdik Terkait Rencana Sekolah Alam di Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 27, 2017

0 comments :

Post a Comment