-->

Melihat Kesiapan Sarana Angkutan Menjelang Pergantian Tahun

Posted by PORTALBERAU on 27 December 2017


Humas Pemkab
Sejak libur panjang pasca perayaan Natal dan menjelang pergantian tahun, pengunjung yang datang dari berbagai pintu masuk ke obyek wisata di kabupaten Berau, terus mengalir. Sementara di obyek wisata, hamir seluruh penginapan resort maupun home stay dilaporkan sudah terisi penuh.


Tanjung Redeb, Portal Berau 


BANYAKNYA pintu masuk akses menuju obyek wisata, membuat petugas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, sedikit kewalahan. Selain karena jarak yang jauh serta lokasi yang hampir merata di tiap kecamatan. Maka tak ada pilihan lain, kecuali melakukan koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dengan kegiatan wisata.



Salah satunya, adalah para operator angkutan laut baik yang menunggu di dermaga yang ada di Tanjung Redeb maupun di Tanjung Batu. Sebab, wisatawan bukan hanya ingin melakukan perjalanan dengan rasa nyaman, juga telah mengatur pengeluaran mereka.  Sehingga, wisatawan juga butuh kepastian tarif. Jangan sampai ada perbedaan antara informasi yang diterima dengan kenyataan di lapangan.



Sekitar 7 unit speed boat dengan dukungan mesin bervariasi, setiap hari stand by di dermaga speed boat jalan Pulau Derawan.  Trayek yang dijalankan, adalah Tanjung Redeb langsung menuju Pulau Maratua, tanpa harus mampir di Pulau Derawan.  Tarifnya, oleh para operator speed boat ditetap sebesar Rp250 ribu sekali perjalanan.  Ini pilihan angkutan menuju Pulau Maratua.



Ada juga yang memilih berangkat melalui pelabuhan Tanjung Batu, kecamatan Pulau Derawan dengan terlebih dahulu melalui perjalanan selama 2 jam lebih lanjut dengan speed boat dari Tanjung Batu. Pilihan ini, diakui cukup melelahkan bagi wisatawan, namun tak ada pilihan lain.  Sementara untuk pesawat setiap hari Rabu, kapasitas tempat duduk masih terbatas.



Untuk yang kewilayah pesisir, khususnya yang ingin menghabiskan tahun baru sambil menikmati udara pantai Bidukbiduk dan keindahan pulau Kaniungan dan Labuan Cermin serta Telaga Biru di Batu Putih, harus melalui jalur darat.  Baik dari Tanjung Redeb maupun wisatawan yang melakukan perjalan darat langsung dari Samarinda melalui Sangatta Kutai Timur. Untuk wilayah pesisir, yang jadi keluhan adalah kondisi jalan yang rusak parah, sehingga jarak tempuh lebih dari 6 jam perjalanan.



Terlepas dari kondisi tersebut, bahwa siapapun yang terlibat dalam kegiatan wisata, diharapkan memberikan perhatian khusus terkait kenyamanan dan keselamatan penumpang.  Kondisi angkutan, ketegasan untuk tidak mengangkut melebihi kapasitas adalah hal yang sangat penting. Wisatawan juga demikian, harus mempersiapkan diri dengan baik.  Kegiatan penyelaman hanya bagi mereka yang telah bersertifikat. Dan, menjadi kewajiban bagi para guide, untuk melakukan pengawasan.



Khusus di Pulau Kakaban, wisatawan yang datang harus menahan diri dan tidak berjejal.  Sebab kapasitas dermaganya terbatas.  Sebaiknya, menunggu hingga pengunjung berkurang. Dan, tidak berlama-lama menyelam bersama ubur ubur. Yang penting, tidak menggunakan fin baik wisatawan maupun guide, serta tidak menggunakan sunblock sebelum menyelam di danau Kakaban.



Ketersediaan bahan bakar, menjadi hal penting.  Pasokan ini perlu terus dijaga, sebab speed boat sangat terbatas cadangan bahan bakar, apabila wisatawan ingin berkeliling pulau. Karena ini, perlu di evaluasi, pasokan yang dibutuhkan operator speed boat.  Jangan sampai ada persoalan teknis yang terjadi di laut selama perjalanan, sedangkan pendukung bahan bakarnya tidak cukup. Kabarnya, speed boat hanya diberi jatah 30 liter, padahal yang dibutuhkan lebih dari 100 liter setiap perjalanan. Terpaksa mereka membeli di level eceran, dengan harga yang lebih mahal.



Selamat datang di Berau.  Selamat menikmati hari hari menyenangkan menjelang pergantian tahun.  Dengan begitu, angka kunjungan terus akan meningkat.  Para petugas di obyek wisata, juga harus terus memberikan pencerahan, terkait sampah yang dipastikan akan meningkat jumlahnya. (hms)

» Terimakasih telah membaca: Melihat Kesiapan Sarana Angkutan Menjelang Pergantian Tahun

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 27, 2017

0 comments :

Post a Comment