-->

Bentuk BLUD-DB di Berau, Salurkan Pinjaman Dana Begulir ke UMKM

Posted by PORTALBERAU on 7 December 2017

Humas Pemkab

TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU - Pemerintah Kabupaten Berau berencana membentuk Badan Layanan Umum Daerah Dana Bergulir (BLUD-DB). Pembentukan ini sebagai upaya dalam menindaklanjuti program Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi (LPDB) dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Dengan adanya BLUD DB ini nantinya akan membantu pengusaha mikro, kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya. Sehingga tidak kalah bersaing dengan pengusaha yang 
memiliki modal lebih besar.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperinda), Wiyati mengungkapkan, dari data yang dihimpun pihaknya ada sebanyak 1.366 usaha mikro, 549 kecil dan 49 menengah yang ada di Kabupaten Berau. Pihaknya juga akan menganggarkan bantuan kepada UMKM melalui program dana bergulir, untuk usaha mikro sebesar Rp 100 juta, kecil Rp 200 juta dan menengah Rp 1 miliar.  Progam ini merupakan urusan wajib dari pemerintah Kabupaten Berau yang juga akan dilampirkan dalam Laporan Penyelengaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

"Namun di tahun 2017 ini belum bisa kita jalankan mengingat payung hukumnya belum ada," katanya.

Bupati Muharram menegaskan, program BLUD DB ini sebagai upaya dalam menjembatani masyarakat yang ingin melakukan pinjaman modal usaha namun tidak bisa mengakses bank.

Akibatnya, beberapa masyarakat yang ingin mengembangkan maupun yang akan memulai usahanya tidak akan berkembang maksimal. Padahal, jika perkembangan UMKM ini bisa ditingkatkan  tentu akan membantu pemerintah daerah dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

"Saya juga punya rencana untuk memberikan bantuan modal kepada masyarakat tanpa bunga dan anggunan, cukup memiliki KTP saja. Bantuan yang memberikan kemudahan kepada masyarakat ini lah yang akan menjadi solusi dalam membantu peningkatan pendapatan masyarakat," katanya.

Tentu ia memberikan dukungan penuh dalam membentuk BLUD BD ini. Karena sejalan dengan program yang direncanakan tersebut. Bupati Muharram pun menegaskan, agar BLUD BD ini harus secepatnya dibentuk di tahun 2018 mendatang.

"Program ini akan menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak bisa mengakses pinjaman di bank dan menghindari peminjaman modal kepada rentenir," tegasnya.

Ditambahkan Asisten Deputi Pembiayaan non Bank dan Perpajakan Kementerian Koperasi dan UKM, Suprapto, pemerintah pusat saat ini sedang berupaya dalam mengandeng pemerintah daerah untuk membentuk BLUD BD ini. Pemerintah pusat pun telah menganggarkan bantuan dana bergulir ini kepada setiap BLUD BD yang ada di daerah.

"Bantuan yang nilainya kecil bisa ditangani pemerintah daerah, sementara yang besar seperti usaha menengah bisa melalui APBN. Jadi sinkronisasi semua dan UMKM yang ada ini bisa berkembang," ujarnya.

Ia mengakui dengan adanya BLUD BD di daerah ini akan membantu Kementerian Koperasi dan UKM. Karena selama ini program dana bergulir yang dijalankan tidak bisa maksimal. Mengingat keterbatasan sumber daya manusia (SDM).

"Kita berharap BLUD BD ini bisa secepatnya dibentuk dan penyaluran bantuan dari kementerian bisa turun ke daerah," pungkasnya. (hms5)


» Terimakasih telah membaca: Bentuk BLUD-DB di Berau, Salurkan Pinjaman Dana Begulir ke UMKM

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 07, 2017

0 comments :

Post a Comment