-->

Saat Berlibur, Ini Pesan Kadishub Berau Untuk Penegndara

Posted by PORTALBERAU on 27 December 2017


Humas Pemkab
TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU -  Menjelang akhir tahun ini, arus lalu lintas diprediksi mengalami peningkatan seiring dengan musim liburan sekolah. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Berau Abdurrahman pun memberikan himbauan kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan agar mengutamakan keselamatan dengan selalu waspada dan memperhatikan kondisi kendaraan.



Bagi warga yang menggunakan kendaraan pribadi maupun mobil taksi untuk berkendara, agar terlebih dahulu memeriksa kondisi kendaraannya sebelum berangkat. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih arus kendaraan di jalan raya yang akan meningkat khususnya di beberapa pusat keramaian, seperti jalan menuju objek wisata.



“Sebelumnya kita juga telah melakukan pemeriksanaan kendaraan untuk melihat kelayakannya. Begitu juga dengan taksi di Bandara sudah kita bekali dengan fasilitas dasar seperti kotak P3K,” ujar Abdurrahman.



Selain itu, lanjut Abdurrahman, kendaraan yang dipergunakan juga jangan sampai melebihi kapasitas muatan. Harus bisa disesuaikan dengan kondisi kendaraan yang digunakan, sehingga tingkat keamanan lebih terjaga. Karena selama ini, pihaknya sering menemui masalah seperti itu, dimana terjadi over kapasitas yang tidak sesuai dengan jenis kendaraan.



“Akan lebih berbahaya dan tingkat resiko juga tinggi. Lebih baik kita mencegah dari awal sebelum terjadi kecelakaan,” lanjut Abdurrahman.



Sementara untuk pengendara yang menggunakan sepeda motor juga diimbau untuk tetap disiplin dalam berkendara dengan menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI) demi keamanan dan keselamatan pengendara itu sendiri. Demikian juga dengan perlengkapan sepeda motor seperti spion dan surat-surat kendaraan seperti surat izin mengemudi (SIM), dan surat tanda nomor kendaraan (STNK) jangan lupa dibawa.



“Jika mereka sudah melakukan seperti itu, artinya meraka sudah menjaga keamanan dan keselamatan dalam berlalulintas. Dengan demikian, saya yakin jumlah laka lantas tahun ini akan menurun, bahkan kalau bisa zero kecelakaan,” harapnya.



Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait dalam menjaga arus lalu lintas ini yang tergabung dalam operasi lilin 2017. Dishub sendiri menurunkan 15 personil yang ditempatkan di dua pos penjagaan.



“Sejauh ini kondisi masih kondusif dan lancar, belum ada kecelakaan sama sekali. Kita berharap situasi ini bisa terjaga sampai akhir tahun nanti,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Saat Berlibur, Ini Pesan Kadishub Berau Untuk Penegndara

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 27, 2017

0 comments :

Post a Comment