-->

PT Berau Coal Dukung Uma Da'dou 2017

Posted by PORTALBERAU on 28 December 2017


Mengungkapkan rasa syukur atas panen hasil pertanian maupun perkebunan, Pesta Budaya Meja Panjang (Uma Da'dou) 2017 pun digelar. Pesta adat yang menjadi agenda tahunan warga Kampung Merasa Kecamatan Kelay ini, tak pernah sepi setiap tahunnya. Bahkan, gelarannya semakin meriah dari tahun ke tahun.


KELAY, PORTAL BERAU

Dukungan penuh pesta adat inipun diberikan oleh PT Berau Coal yang notabene memang memiliki program 4 pilar bagi kampung-kampung yang berada di area lingkar tambang, yang sudah berjalan secara kontinyu dan berkesinambungan, dimana program tersebut juga diterapkan di Kampung Merasa. Tak hanya infrastruktur, seni dan budaya pun masuk dalam salah satu program dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Berau Coal ini.

"Kami sangat mengapresiasi gelaran pesta budaya ini, terlebih Kampung Merasa juga salah satu kampung yang masuk dalam area lingkar tambang, dan untuk program Berau Coal sendiri juga mencakup seni budaya. Maka dari itu, Meja Panjang yang digelar masyarakat Kampung Merasa ini merupakan bentuk pelestarian budaya asli Kabupaten Berau," ungkap Muhammad Khodim, Manager CSR PT Berau Coal, ditemui di sela-sela acara.

Apresiasi diberikan lantaran beragam etnis dan suku yang ada di Kampung Merasa, baik itu Dayak Basap, Dayak Kenyah, dan Dayak Punan, yang ternyata mempunyai cerita nenek moyang yang sama, memiliki toleransi dan nilai kerukunan yang cukup tinggi.

"Apalagi pesta budaya semacam ini juga menjadi simbol kebudayaan yang bisa memberikan hal positif, yang juga menjadi daya tarik pengunjung, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing, yang pastinya akan tertarik untuk melihat gelaran acara seperti ini," tambahnya.

Ditambahkannya, dari Berau Coal sendiri, untuk gelaran pesta adat semacam ini memang sudah terprogram setiap tahunnya, jadi untuk bentuk bantuannya juga sudah terakomodir. Selain terprogram dalam CSR setiap tahunnya, bentuk bantuan lainnya juga berupa donasi.


Bupati Berau, yang diwakili oleh Asisten I, Anwar, dalam sambutannya juga mengungkapkan hal senada, yakni apresiasi terhadap gelaran acara tersebut, lantaran acara ini menjadi tempat berkumpulnya seluruh masyarakat khususnya suku Dayak, dan masyarakat Kabupaten Berau pada umumnya.

"Mudahan dengan adanya pesta budaya Uma Da'dou ini, seni dan budaya Dayak semakin dikenal luas. Tak hanya itu, juga menumbuhkan nilai budaya sejak dini dan meningkatkan kualitas budaya Indonesia, khususnya Kabupaten Berau, hingga ke mancanegara," paparnya.


Kepala Adat Kampung Merasa, Toran Apuy, dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik Pemkab Berau, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, maupun perusahaan-perusahaan yang sudah memberikan dukungan dan bantuan sehingga gelaran pesta budaya Meja Panjang ini dapat terlaksana.

"Terima kasih untuk semua pihak yang mendukung acara ini, karena tanpa itu semua, pesta budaya ini tidak akan bisa terlaksana setiap tahunnya, bahkan sudah menjadi agenda rutin tahunan. Dimana Uma Da'dou ini juga menjadi media yang menyatukan suku Dayak di Berau, sehingga Kampung Merasa seluas 150 hektar yang ditempati kurang lebih 1000 jiwa yang terbagi menjadi 5 RT ini bisa hidup rukun," jelasnya.(TIM)

» Terimakasih telah membaca: PT Berau Coal Dukung Uma Da'dou 2017

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 28, 2017

0 comments :

Post a Comment