-->

Realisasi CSR PT Berau Coal, Infrastruktur Long Lanuk Diresmikan

Posted by PORTALBERAU on 6 December 2017


Air dan listrik merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat, tak terkecuali warga di Kampung Long Lanuk, Kecamatan Sambaliung. Setelah bertahun-tahun, kampung yang letaknya lumayan jauh dari pusat kota ini, kini sudah bisa menikmati aliran listrik dan air bersih, berkat adanya WTP (Water Treatment Plan) dan jaringan listrik yang direalisasikan oleh program CSR PT Berau Coal.

SAMBALIUNG - PORTALBERAU

Program CSR PT Berau Coal memang menyasar pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, disamping pendidikan dan kesehatan. Karena itu, untuk air bersih dan listrik pun tak lepas dari program tersebut. Setelah beberapa kampung yang termasuk dalam lingkar tambang yang berada di kecamatan Gunung Tabur dan Sambaliung mendapatkan manfaat dari CSR, kini Kampung Long Lanuk pun merasakan realisasinya.

Selasa (5/12/2017), bertempat di kantor kepala kampung Long Lanuk, beberapa infrastruktur yang sudah direalisasikan CSR PT Berau Coal, diresmikan oleh Bupati Berau, Muharram. Infrastruktur tersebut adalah WTP yang telah selesai dibangun pada Februari 2017, dengan dana Rp 1, 28 M, yang mampu mengaliri 3 RT yang didiami 250 KK. Tak hanya itu, dermaga SD 006 yang terdiri dari dermaga apung dan walkway, yang menghabiskan dana Rp 134 juta itu, juga diresmikan setelah selesai dibangun pada Oktober 2017. 

Dan yang paling baru adalah pembangunan instalasi listrik tahap I yang akan diselesaikan pada Desember 2017 ini. Untuk instalasi listrik ini, dilakukan pemasangan jaringan SUTM (Saluran Udara Tegangan Menengah) sebanyak 67 tiang, dengan dana sebesar Rp 851 juta. Instalasi listrik ini dibangun guna menggantikan posisi 1 unit genset yang selama ini dipergunakan oleh warga Kampung Long Lanuk sejak 2012 lalu.

"Saya berterimakasih kepada PT Berau Coal, karena sudah memberikan kontribusi positif mendukung pembangunan Kabupaten Berau, dan saya berharap agar seluruh infrastruktur yang ada ini bisa dirawat dengan baik, anggap bahwa ini milik kita semua. Dan kalau bisa misalnya untuk air minum, bisa dikelola oleh BUMK (Badan Usaha Milik Kampung), agar bisa dikelola maksimal," ungkap Bupati Berau, Muharram, di sela-sela sambutan peresmian infrastruktur Kampung Long Lanuk.

Pjs Kampung Long Lanuk, Sulaiman, juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada PT Berau Coal yang sudah membangun beberapa infrastruktur tersebut.

"Dengan begini, Kampung Long Lanuk juga bisa semakin berkembang layaknya kampung yang berada di kota-kota besar. Dan saya juga berharap ke depan tidak hanya WTP dan listrik yang ada, karena msih banyak lagi yang dibutuhkan warga Long Lanuk, misalnya untuk masalah jaringan atau sinyal," ucapnya.

Hal ini kemudian ditanggapi oleh Deputy Director Operation Support, Gatot Budi Kuncahyo. Dalam sambutannya, ia menjelaskan jika pembangunan infrastruktur ini bertujuan agar ke depannya masyarakat Long Lanuk bisa menikmati listrik 24 jam.

"Maka dari itu, secara bertahap Berau Coal akan membantu pembangunan infrastruktur listrik. Dan keberhasilan pembangunan ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara CSR PT Berau Coal, Pemkab Berau, PLN Berau, dan masyarakat khususnya yang berada di Long Lanuk," jelasnya.

Tak hanya infrastruktur, 4 program pilar pun dilaksanakan dengan baik seperti transportasi pelajar, beasiswa perguruan tinggi, pemeriksaan kesehatan masyarakat, pelayanan kesehatan kampung, operasional pos gizi, program peningkatan tumbuh kembang usia dini, dan pembangunan sanitasi dasar.

"Kelancaran kegiatan operasional dan keberhasilan program CSR tak lepas dari dukungan sosial masyarakat Kampung Long Lanuk. Kami berharap, dukungan ini terus berlanjut di masa mendatang agar kami dapat terus berkontribusi untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Berau, khususnya Kampung Long Lanuk," pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Realisasi CSR PT Berau Coal, Infrastruktur Long Lanuk Diresmikan

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 06, 2017

0 comments :

Post a Comment