-->

Tahun Depan Berau Punya Kalender Wisata

Posted by PORTALBERAU on 21 December 2017

Humas Pemda

TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU. Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Berau dalam meningkatan sektor pariwisata. Sebagai salah satu sektor andalan yang saat ini menjadi fokus pemerintah, langkah pengembangan sektor ini pun terus dilakukan.

Keseriusan ini pun mulai ditunjukan, saat ini Pemkab sedang menyusun agenda kepariwisataan dalam bentuk kalender wisata dengan melibatkan seluruh pihak-pihak yang terkait di dalamnya. Rapat pembahasan pun dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Rabu (20/12) di Ruang Rapat Sangalaki dengan dipimpin langsung Wakil Bupati Agus Tantomo dan dihadiri sejumlah manajemen maskapai penerbangan, perhotelan, perbankan, pemilik dan pengelola resort, serta sejumlah pengusaha yang bergerak di bidang jasa pariwisata serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Penyusunan kalender wisata ini bakal menjadi gambaran bagi wisatawan untuk berkunjung ke Berau. Dimana dalam kalender wisata ini, pemerintah daerah akan memasukan seluruh event pariwisata selama satu tahun. Penyusunan ini sendiri menjadi agenda yang pertama kali dilakukan pemerintah daerah. 

“Sudah saatnya kita melangkah ke jenjang yang lebih serius lagi dalam memajukan sektor pariwisata,” ujar Wakil Bupati Agus Tantomo.

Ia menjelaskan, penyusunan kalender wisata ini harus dilakukan jauh hari sebelumnya. Sehingga, pelaksanaan event wisata yang akan digelar nantinya lebih terkonsep dengan baik. Karena menurutnya selama ini banyak kegiatan yang kurang maksimal dilaksanakan sehingga tingkat kunjungan wisatawan tidak sesuai dengan harapan. Padahal jika kegiatan ini bisa disusun dengan matang dan melibatkan seluruh pihak maka kunjungan wisatawan pun akan membludak. 

“Pengalaman kita banyak event yang tidak terpromosi dengan baik. Jadi tidak ada menfaat yang maksimal dirasakan,” tegas wabup.

Selain peningkatan kunjungan wisatawan, penyusunan kalender wisata ini juga untuk memenuhi pemerataan kunjungan wisatawan. Dari hasil pemantauan yang dilakukannya selama ini, kunjungan wisatawan hanya terjadi pada bulan-bulan tertentu saja. Dengan adanya kalender wisata pemerintah daerah ingin setiap bulan tingkat kunjungan wisatawan tinggi. 

“Walaupun bukan masuk dalam musim liburan tapi kunjungan itu tidak sepi. Di sini kita bahas, bulan-bulan berapa saja yang sepi dan apa yang harus kita lakukan untuk memancing wisatawan datang. Bisa saja kita gelar event fotografi atau olahraga,” katanya.

Ditambahkan Kepala Disbudpar Berau, Mappasikra Mappaseleng, penyusunan ini akan dilakukan dalam beberapa minggu kedepan. Ditargetkan pada Januari 2018 mendatang, kalender ini sudah selesai disusun, kemudian langsung diserahkan kepada Kementerian Pariwisata. 

“Jadi wisatawan itu datang ke sini punya banyak pilihan, mau mengikuti event yang mana saja. Tidak hanya berlibur saja tapi ada agenda lain yang bisa diikuti. Sejauh ini kan ada beberapa kegiatan tahunan yang dilaksanakan, seperti lomba mancing dan maratua jazz,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Tahun Depan Berau Punya Kalender Wisata

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 21, 2017

0 comments :

Post a Comment