-->

Apresiasi Kepedulian Pemuda, Sayangkan Ketidakpekaan Pelaku Investasi

Posted by marta on 19 January 2018


TELUK BAYUR, PORTALBERAU- Peduli. Itulah yang menjadi dasar pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Jaya Makmur, Kampung Labanan Makmur, Kecamatan Teluk Bayur, begitu bersemangat turun ke jalan raya menuju Kampung Labanan, pada Minggu pagi (14/1/2018) lalu.

Puluhan pemuda ini turun ke jalan bukan untuk bermain-main, melainkan telah mengantongi tujuan mulia bagi para pengendara yang melintas di jalan menuju Kampung Labanan dan sekitarnya. Dengan berbekal peralatan sederhana serta beberapa sak semen, semangat para pemuda ini tidak kalah panasnya dari terik matahari saat itu.

Bulir keringat menetes di wajah yang senyum sumringah menggambarkan semangat pemuda yang tidak bisa dipatahkan. Dengan kemampuan dasar pemuda, satu per satu karung semen diangkut, ditumpahkan, dan diaduk dengan material lain untuk kemudian menjadi bahan penambal lubang-lubang yang menganga di jalan raya itu. Beberapa jalan berlubang yang menjadi sasaran mereka tepatnya disekitar jalan raya menuju PT Supra Bara Energi (SBE).

Satu per satu lubang yang kerap membahayakan pengendara di jalan tersebut ditutup dengan adonan semen. Panasnya matahari kala itu turut membantu mengeringkan adonan semen dengan segera. 

Salah seorang pemuda yang turut beraksi dalam membenahi lubang-lubang di jalan, Aceng, mengaku kegiatan tersebut lahir karena kepedulian para pemuda terhadap keselamatan pengendara, terutama pengendara roda dua yang kerap menjadi korban jalan berlubang. Dengan didampingi pihak kepolisian dari Polsek Teluk Bayur dan Pos Pol Labanan, kegiatan memperbaiki jalan berlubang itu pun berjalan lancar.

Inisiatif ini terpikir pada saat mau turun ke Tanjung Redeb malam hari, kami melihat ada pengendara yang terjatuh di jalan berlubang dekat perusahaan SBE. Saat bertemu Lurah setempat, sempat berdiskusi singkat dan akhirnya muncullah ide untuk gotong royong bersama para pemuda Labanan untuk perbaiki jalan berlubang,” jelasnya saat diwawancarai portalberau.com, beberapa waktu lalu.

Adapun material yang digunakan, disebutkan Aceng, merupakan bantuan dari berbagai pihak yang juga peduli terhadap keselamatan pengendara khususnya yang melintas di jalan tersebut. Bahkan, cukup banyak pengendara yang melintas juga turut memberikan kontribusinya.

“Alhamdulillah, niat kita ini seperti gayung bersambut. Banyak pihak yang juga turut membantu,” lanjutnya.

Adapun total lubang yang sempat dikerjakan oleh pemuda-pemuda tersebut kurang lebih 15 hingga 18 lubang yang dianggap cukup membahayakan. 

“Kalau semua kita kerjakan, ya cukup banyak. Tapi kemarin kita selesaikan beberapa lubang jalan yang memang membahayakan, cukup dalam lubangnya. Itu yang kita kerjakan,” tuturnya. 

Atas kepedulian dan kerja keras yang dilakukan para pemuda tersebut, Kepala Kampung Labanan Makmur, Mupit Datusahlan, memberikan apresiasinya. Bahkan, Kepala Kampung yang baru dilantik ini mengaku sangat berbangga terhadap para pemuda di kampung halamannya tersebut. 

Baginya, inilah pemuda yang juga patut menjadi contoh semua pihak. Kepedulian dan kepekaan sosial masih sangat kental dalam diri para pemuda Labanan Makmur tersebut. 

“Kegiatan yang dilakukan pemuda kita ini menjadi langkah maju dalam merespon kondisi sosial masyarakat kita, yang budaya gotong royong serta peduli terhadap lingkungan sekitar sudah sangat menurun, dan bahkan sulit kita jumpai di wilayah lain,” ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Mupit, langkah para pemuda yang turun langsung dalam membenahi jalan berlubang tersebut sangat tepat. Sebab jalan tersebut dinilai memang sangat rawan kecelakaan, bahkan sudah cukup banyak memakan korban. 

“Kondisi jalannya memang rusak parah. Kalau tidak berhati-hati sedikit saja, pengendara akan celaka. Tapi kegiatan dan kepedulian pemuda ini bisa mencegah lebih banyak korban. Dan jika hal yang seperti ini dapat meluas keseluruh negeri, tentu pemerintah juga akan terbantu dalam mengurangi angka kecelakaan di jalan raya,” ucapnya. 

Meski berbangga pada para pemudanya, namun Mupit juga menyayangkan tidak adanya kepedulian para pelaku investasi terhadap hal demikian. Sehingga ke depan ia pun berharap kepedulian dan kepekaan para pemuda Labanan Makmur terhadap kampung halamannya dalam menular kepada para pelaku investasi yang ada di sekitar Kampung Labanan Makmur. 

“Bahkan lubang didepan mata yang berada dekat dengan lintasan perusahaan, dan sering memakan korban pun juga tidak ada kepedulian dari para pelaku investasi. Semoga ini tidak terus terjadi. Dan semoga pemuda-pemuda ini juga makin banyak kita jumpai di berbagai wilayah untuk giat melakukan kerja-kerja sosial di daerah kita ini,” tandasnya. (Tim)



» Terimakasih telah membaca: Apresiasi Kepedulian Pemuda, Sayangkan Ketidakpekaan Pelaku Investasi

Related Posts

Portal Berau Updated at: January 19, 2018

0 comments :

Post a Comment