-->

Setiap OPD Diminta Miliki Ini…!!!

Posted by PORTALBERAU on 4 January 2018

Foto By: Eksposkaltim.com
SAMARINDA, PORTAL BERAU - Arsiparis (pengelola arsip) memegang peran penting bagi keberhasilan penyelenggaran jalannya roda organisasi  pemerintahan,  melindungi hak dan kepentingan  dinas instansi atau organisasi dan perorangan maupun pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. Oleh karena itu  Sekprov Kaltim H Rusamdi meminta agar setiap OPD harus memiliki  arsiparis. 

Dalam pelaksanaan peran dan fungsinya, arsiparis harus mendapat dukungan data dan administrasi yang akurat dan selalu ada saat diperlukan. Arsiparis juga harus mendapat pembinaan dan pelatihan yang tepat. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan diharapkan dapat menjalin kerjasama dengan BKD maupun melakukan pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional melalui penyuasuaian (inpassing) hingga Desember 2018.  
"Saya minta kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bersama BKD  melakukan pembinaan untuk mendukung penyiapan arsiparis baik di lingkup Pemprov Kaltim maupun kabuapetn/kota," kata Rusmadi  pada rapat terbatas Pemprov  Kaltim di Ruang Rapat Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (2/1).  
Sebelumnya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pronvinsi Kaltim HM Aswin mengatakan  sudah melakukan sosialisasi dan melakukan  pendidikan dan pelatihan (diklat) dalam upaya mencari arsiparis, sehingga pengelolaan arsip pada  OPD maupun lembaga dapat berjalan dengan baik. 
"Kita terus  berupaya  untuk mencari  agar pegawai  yang ada bisa  menjadi arsiparis untuk pengelolaan arsip. Memang tidak mudah. Karena itu kamu membuka peluang hingga 20 Desember 2018  bagi pegawai yang berminat. Kita berharap pada tahun 2018 semua OPD sudah memiliki arsiparis baik arsiparis terampil maupun arsiparis ahli," kata Aswin. 
Selain itu, lanjut Aswin, pada  tahun  2018  seluruh OPD  juga sudah memiliki record center di sub bagian umum. Nantinya pada masing-masing bidang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan membangun pusat data (central file) di masing-masing bidang untuk menampung asiparis dinamis  aktif yang dimiliki dan itu harus ditangani oleh pegawai yang mengerti tentang sistem dan prosedur arsip.
"Tahun  ini masing-masing OPD harus sudah menunjuk salah seorang pegawainya untuk bersedia menangani arsip, sehingga pengelolaan arsip di masing-maisng OPD  dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan," ujarnya. Aswin menambahkan, dalam upaya mendukung program reformasi birokrasi,  setiap pengelola kearsipan haruslah membekali dirinya dengan profesionalitas dan integritas yang tinggi serta kompetensi yang kompetitif dan andal. 
"Sehingga dapat memberikan kontribusi langsung bagi keberhasilan penyelenggaran jalannya roda organisasi,  di bidang pemerintahan dan swasta, baik di pusat maupun di daerah," kata Aswin. (mar/sul/humasprov)
Sumber: http://www.kaltimprov.go.id


» Terimakasih telah membaca: Setiap OPD Diminta Miliki Ini…!!!

Related Posts

Portal Berau Updated at: January 04, 2018

0 comments :

Post a Comment