-->

28 Raperda Masuk Prolegda, Pemkab dan DPRD Berau Teken MoU

Posted by marta on 24 February 2018


Foto : Sutiran (Arsip Berau)
TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Pemkab Berau bersama DPRD Berau kembali menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), terkait 28 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang telah masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda). Penandatanganan MoU tersebut dilakukan pada Senin malam (20/2/2018) lalu, di Gedung DPRD Berau. 

Adapun Raperda yang merupakan inisiatif dari DPRD Berau diantaranya Raperda tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu, Perlindungan Tenaga Kerja Lokal, Badan Amil Zakat (BAZ), Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, juga Perlindungan dan Pelestarian Bahasa dan Budaya Berau. 

Sementara 23 Raperda lainnya ialah usulan yang diberikan oleh Pemkab Berau, seperti Raperda tentang Perlindungan Ikan Hiu, Pari Manta, Jenis Ikan Tertentu dan Terumbu Karang di Perairan Berau, Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Kabupaten Berau, Pengelolaan Barang Milik Daerah, Penyelenggaraan Administrasi Penguasaan Tanah Atas Tanah Negara, dan Badan Permusyawaratan Desa/Kampung.

Bupati Berau, Muharram, menyebutkan Raperda yang masuk dalam Prolegda di tahu 2018 cukup banyak. Bahkan merupakan jumlah Raperda terbanyak yang pernah masuk  dalam Prolegda. 

“Bukan hanya bagi eksekutif, ini juga menjadi tugas rumah bagi legislatif. Dan aturan yang sudah diajukan ini akan menjadi prioritas bagi kita serta menjadi rambu-rambu bagi semua dalam menjalankan Pemerintahan,” ujarnya.

Tidak hanya dirancang dan diajukan serta masuk dala Prolegda, di kemudian hari nanti, Muharram juga menegaskan agar setiap aturan yang telah ditetapkan dapat dipatuhi. Bahkan dalam proses merealisasikannya dibutuhkan pengawasan dan pengawalan yang penuh.

“Jadi tidak hanya menjadi pajangan saja, tapi ada dampak yang nyata terhadap pembangunan daerah kita. Juga masyarakat bisa merasakan dampak positifnya dari segala sisi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah, mengatakan meski capaian di tahun 2017 sudah cukup baik, namun ia berharap pada penetapan Raperda di tahun 2018 ini dapat lebih meningkat lagi. 

“Ada 13 Raperda yang merupakan usulan baru, salah satunya Raperda APBD Perubahan. Namun secara keseluruhan, tentu kita berharap semua dapat lebih baik lagi dari sebelumnya,” tandasnya. (Tim)



» Terimakasih telah membaca: 28 Raperda Masuk Prolegda, Pemkab dan DPRD Berau Teken MoU

Related Posts

Portal Berau Updated at: February 24, 2018

0 comments :

Post a Comment