-->

Berau Coal Goes to School, Berikan Edukasi dan Ajak Konservasi Pelajar SMA 12 Bangun

Posted by PORTALBERAU on 2 February 2018


SAMBALIUNG, PORTAL BERAU - Setelah sebelumnya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Berau, SMA 6 Labanan dan SMA 5 Gunung Tabur, Berau Coal Goes to School berlanjut ke sekolah selanjutnya yakni SMA 12 Sei Bebanir Bangun. Program edukasi sekolah oleh PT Berau Coal ini, memang selalu diadakan setiap tahunnya atau sudah masuk agenda tahunan, bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Nasional (HK3N).
Meskipun diadakan setiap tahun, untuk 2018 ini ternyata materi yang diberikan lebih kompleks atau lengkap, bahkan untuk semua departemen yang ada pun ikut ambil bagian, mulai dari bagian operasional lapangan, safety, kesehatan,hingga departemen Geologi.


"Tahun ini memang lebih lengkap materi yang diberikan, yakni operasional tambang dimana dijelaskan proses awal eksplorasi hingga bertemunya dengan batubara. Selain itu ada juga materi konservasi energi, safety, kesehatan, dan pengelolaan lingkungan di area PT Berau Coal," jelas Yudhi Kristian, Environment SMO Superintended Berau Coal, yang juga menjadi salah satu pemateri.

Kegiatan yang menyasar Sekolah Menengah Atas/sederajat ini bertujuan untuk memperkenalkan Berau Coal terkait dalam pengolahannya. Bahwasannya, selain menambang batubara, Berau Coal juga care terhadap pengelolaan lingkungannya serta keselamatan kerja itu sendiri.

"Tapi selain itu, kami juga memberikan edukasi kepada para siswa dan sharing. Edukasinya berupa pemberian pemahaman bagaimana pentingnya menghemat penggunaan listrik, dan bagaimana menghadapi atau respon kita saat terjadi kebakaran di rumah misalnya kebocoran gas," lanjutnya.

Berau Coal Goes to School yang akan diadakan di 7 SMA/sederajat ini rupanya memang sangat menarik untuk diikuti. Terbukti, siswa siswi yang mengikutinya sangat antusias mendengarkan setiap penjelasan yang diberikan, bahkan beberapa siswa tak takut mencoba memadamkan api dengan jari telunjuknya pada saat dilakukan praktik pemadaman kebakaran gas yang benar.

"Terlihat yang sangat berkesan bagi para siswa ya konservasi energi dan pengelolaan sampah atau konservasi lingkungan. Dan yang menarik bagi mereka adalah praktik pemadaman api dan respon pada saat menghadapi kebocoran gas, yang notabenenya sering terjadi di rumah. Jadi, materi yang kami berikan ini diharapkan juga nantinya bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari, khususnya untuk pengelolaan sampah dan respon terhadap kebakaran," tuturnya.

Maria Adel Pina, siswi kelas X Mia 2 SMA 12 Sei Bebanir Bangun yang mengikuti kegiatan ini, mengaku sangat senang dengan adanya program Berau Coal Goes to School. Dikatakannya, dengan begini ia dan teman-temannya mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru.

"Saya sangat senang bisa mengikuti dari awal sampai praktik tadi, karena ini baru pertama kali saya mengetahui bagaimana seharusnya menghadapi kalau ada kebakaran, dan juga bisa mengetahui bagaimana proses Berau Coal menambang batubara, yang ternyata tidak sembarangan. Mudahan tiap tahunnya ini bisa diadakan, dan saya bisa mengikutinya lagi agar mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru lagi. #terimakasihberaucoal#majubersamaberaucoal." katanya.

Selain pemaparan materi dan praktik, pada akhir acara juga dilakukan sesi tanya jawab dengan pemberian hadiah souvenir dari Berau Coal kepada siswa yang bisa menjawab dengan benar pertanyaan yang diberikan oleh pemateri. (TIM)

» Terimakasih telah membaca: Berau Coal Goes to School, Berikan Edukasi dan Ajak Konservasi Pelajar SMA 12 Bangun

Related Posts

Portal Berau Updated at: February 02, 2018

0 comments :

Post a Comment