-->

Cegah Konflik dan Perselisihan Soal Lahan, Kampung Harusnya Punya Ini

Posted by marta on 21 February 2018


TELUK BAYUR, PORTALBERAU- Kepala Kampung Labanan Makmur, Kecamatan Teluk Bayur, Mupit Datusahlan, menyebutkan pentingnya penyediaan alat-alat serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan handal guna proses pemetaan lahan kampung maupun masyarakat.
 
Hal itu menurutnya mesti dijadikan prioritas, sebab selama ini cukup banyak perselisihan antara masyarakat dengan masyarakat maupun masyarakat dengan perusahaan terkait batas lahan. 

“Seringkali perselisihan atau persengketaan tanah ini terjadi akibat alat atau SDM yang kurang memadai untuk digunakan sebagai hakim di lapangan, mungkin karena dari BPN atau dari Pemkab kita yang masih kurang dalam menyediakan alat yang akurat dan dapat dijadikan pegangan,” ungkapnya kepada portalberau.com beberapa waktu lalu. 

Untuk itu, menurut Mupit, perlu adanya penyediaan alat yang lebih akurat. 

“Jadi kalau Kampung memiliki dana yang cukup seharusnya bisa menyediakan alat-alat dan SDM yang lebih baik lagi demi lancarnya proses memetakan lahan masyarakat dan kampung di hari mendatang,” lanjutnya. 

Dengan alat-alat yang lebih akurat dan SDM yang handal, diharapkan tidak lagi terjadi persengketaan lahan maupun batas tanah di kampung tersebut maupun kampung-kampung lainnya.

Kebutuhan menyelesaikan persoalan tanah khususnya dalam bidang pembuatan surat tanah perlu terus didorong baik dari pihak Pemkab maupun Kampung, dan tujuannya jelas untuk mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan saat memetakan lahan yang bisa berujung pada persengketaan. Semoga ke depan kita bisa memenuhi kebutuhan alat dan SDM yang termaksud,” tandasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Cegah Konflik dan Perselisihan Soal Lahan, Kampung Harusnya Punya Ini

Related Posts

Portal Berau Updated at: February 21, 2018

0 comments :

Post a Comment