-->

Resmi Ditarik !!! Laporkan BPOM Jika Tiga Jenis Produk Obat-Obatan Ini Masih Beredar di Pasaran

Posted by marta on 21 February 2018


Foto : portalberau.com

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Belakangan, publik dibuat geger dengan pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait sejumlah obat-obatan yang ternyata terbukti mengandung DNA Babi dan zat yang dianggap berbahaya jika digunakan manusia.

Bukan kabar hoax, namun pernyataan tersebut juga dilengkapi dengan surat resmi yang diedarkan BPOM belum lama ini. Adapun obat-obatan yang positif mengandung DNA Babi ialah Viostin DS dan Enzyplex. Sementara obat yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh manusia tersebut ialah obat sariawan yang dikenal dengan nama produk Albothyl.

Ketiga obat-obatan tersebut, secara resmi diminta BPOM untuk ditarik dari peredarannya di masyarakat. Bahkan, BPOM juga meminta kepada seluruh masyarakat yang masih menemukan ketiga produk obat-obatan tersebut untuk dapat segera melapor kepada pihaknya.

Untuk memastikan ketiga produk obat-obatan tersebut sudah tidak lagi beredar, Tim Portal Berau kemudian menyambangi beberapa apotik yang berada di Tanjung Redeb. Alhasil, ketiga produk obat-obatan tersebut memang sudah ditarik oleh BPOM belum lama ini. 

“Kalau Viostin DS dan Enzyplex resmi ditarik BPOM sekitar tanggal 8 Februari lalu. Kalau Albothyl baru-baru saja, sekitar dua hari yang lalu,” ungkap Fitri, salahs seorang karyawan apotik di Jalan Mangga II, Tanjung Redeb, saat dijumpai portalberau.com, Rabu (21/2/2018).

Menurut Fitri, ditariknya obat-obatan tersebut memang berdasarkan instruksi dari BPOM, meski surat tersebut merupakan surat kesekian kali yang telah dilayangkan.

“Sebelumnya memang sudah  ada surat edaran bahwa obat-obatan ini terbukti mengandung  DNA Babi dan zat berbahaya seperti poliscresulen, itu bahaya katanya, bisa mematikan jaringan atau sel jika digunakan sebagai obat sariawan. Tapi baru ini benar-benanr ditarik,” jelasnya.

Demikian pula di apotik yang berada di Jalan Durian III, Tanjung Redeb. Ketiga produk obat-obatan tersebut juga telah hilang dari peredaran.

“Baru-baru juga ditarik. Jadi kita sudah tidak lagi menjual obat-obatan itu, dan semua apotik juga sama, sudah ditarik semua,” tandas wanita yang tidak menyebutkan namanya tersebut. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Resmi Ditarik !!! Laporkan BPOM Jika Tiga Jenis Produk Obat-Obatan Ini Masih Beredar di Pasaran

Related Posts

Portal Berau Updated at: February 21, 2018

0 comments :

Post a Comment