-->

Kesulitan Sarana Kesehatan dan Pendidikan, Camat Biatan Akan Upayakan Perbaikan Jalan

Posted by marta on 16 February 2018



Tim kesehatan dari Puskesmas Kampung Biatan Ilir saat melakukam pemeriksaan kesehatan masyarakat RT 4 Sumindal

BIATAN ILIR, PORTALBERAU- Menanggapi persoalan yang diungkapkan Kepala Kampung Biatan Ilir,  Kecamatan Biatan, Abdul Hafid, Camat Biatan, Agung Heri Wijatmiko, mengatakan dirinya akan mengupayakan terealisasinya perbaikan infrastruktur jalan menuju RT 4 Sumindal.

“Kita akan segera melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan terkait akses jalan yang dimaksud pak Kepala Kampung,” katanya disela-sela sambutannya pada salah satu kegiatan kampung beberapa waktu lalu.

Disebutkannya, jika akses jalan menuju wilayah tersebut dapat diperbaiki, maka akan menjadi nilai tambah bagi masyarakat dalam mendorong berjalannya roda ekonomi.
Meski demikian, dirinya juga berharap kepada pihak kampung untuk mendukung pihak kecamatan dalam mendorong perbaikan jalan tersebut.

“Kalau hanya mengharapkan Alokasi Dana Kampung (ADK) akan sangat sulit. Tapi dari kampung bisa membantu dalam hal lain yang memang dapat dilakukan masyarakat secara bersama-sama,” ujarnya. 

Terkait sarana pendidikan, Agung menambahkan pihak kampung dapat mendata terlebih dahulu jumlah anak usia sekolah yang terdapat di wilayah tersebut. Jika memungkinkan, kelas filial atau kelas jauh dapat menjadi solusi yang tepat.

“Harus diketahui dulu berapa jumlah anak usia sekolah yang ada di wilayah ini. Kalau memang cukup untuk memenuhi persyaratan dibangunkannya gedung sekolah akan diupayakan. Namun jika tidak bisa dengan solusi kelas filial saja,” ucapnya.

Sementara itu, menanggapi persoalan sarana kesehatan yang juga tidak terdapat di wilayah tersebut, Kepala Puskesmas Kampung Biatan Ilir, Muhammad Asri, juga meminta agar pihak kampung mendata jumlah penduduk RT 4 khususnya jumlah bayi dan ibu hamil yang dapat menjadi dasar pengajuan pembangunan Puskesmas atau Pustu. 

“Kendala sementara ini perawat kami cuti melahirkan dan bidannya mengundurkan diri. Tapi kami sudah usulkan ke Dinas Kesehatan untuk mencarikan penggantinya. Ke depan saya tunggu data dari kampung, dan nanti bagaimana wacananya tergantung data yang kami terima,” terangnya.

Namun, dikatakan Asri, akses jalan menuju RT 4 Sumindal yang harus utama dilakukan perbaikan.  Sebab hal tersebut baginya ialah penunjang yang paling penting.

“Kalau jalanan bagus, tentunya kami akan lebih mudah mengakses ke wilayahnya. Jarak tempuh jadi dekat, dan pelayanan juga jadi maksimal. Harapan kami sementara ini dibangunkan saja dulu posyandu, dan nanti kami akan maksimalkan pelayanan di sana. Tapi kalau pembangunan Pustu di setujui Dinkes, maka tinggal programkan carikan tenaganya saja,” pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Kesulitan Sarana Kesehatan dan Pendidikan, Camat Biatan Akan Upayakan Perbaikan Jalan

Related Posts

Portal Berau Updated at: February 16, 2018

0 comments :

Post a Comment