-->

Akses Jalan Rusak Parah, Fasilitas Kesehatan dan Pendidikan Terkendala

Posted by marta on 16 February 2018


Salah satu potret kondisi jalan menuju RT 4 Sumindal, Kampung Biatan Ilir, Kecamatan Biatan
BIATAN ILIR, PORTALBERAU- Kepala Kampung Biatan Ilir, Kecamatan Biatan, Abdul Hafid, menyinggung persoalan infrastruktur jalan yang tak kunjung membaik di salah satu teritorialnya, yakni jalan menuju RT 4 Sumindal.

Berada jauh dari jalan poros utama, kondisi jalan menuju RT 4 Kampung Biatan Ilir tersebut memang sangat memprihatinkan. Terlebih jalanan tersebut juga merupakan salah satu lintasan truk bermuatan sawit dari salah satu perusahaan di daerah tersebut. 

“Kalau dari jalan poros utama, jaraknya bisa mencapai 46 kilometer, atau ditempuh dalam waktu 3 jam menggunakan mobil. Kalau menggunakan sepeda motor, bisa-bisa tidak tembus akibat kondisi jalan yang sangat hancur,” ungkap Hafid, kepada portalberau.com, beberapa waktu lalu.

Dengan kondisi jalan yang tidak mendukung tersebut, ia menyampaikan ada beberapa hal yang hingga saat ini tidak dapat terealisasi, diantaranya dalam bidang kesehatan dan pendidikan.

Hingga saat ini, diakui Hafid, meski masih masuk dalam lingkungan Kampung Biatan Ilir, RT 4 Sumindal belum memiliki Puskesmas ataupun Puskesmas Pembantu (Pustu) dan juga bangunan sekolah yang lebih dekat dengan wilayah tersebut.

“Kami memikirkan bagaimana solusi untuk kesehatan massyarakat di sini. Apakah bisa misalnya membentuk Pustu atau menitipkan perawat dan bidan di sini. Sebab di sini juga ada dua kampung, dan dua-duanya sangat jauh dari pusat kampung yang menyediakan fasilitas-fasilitas itu,” ujarnya.

Begitu juga dengan bidang pendidikan, Hafid juga mengharapkan adanya solusi yang bisa menjadi jalan bagi masyarakat untuk dapat mengecap ilmu pengetahuan di bangku sekolah.

Dikatakan mantan Sekretaris Camat tersebut, terdapat jalan poros yang lebih dekat untuk menuju RT 4 Sumindal, namun hingga kini jalan tersebut juga tidak dapat digunakan karena kondisinya yang juga memprihatinkan.

“Jalan poros yang lebih dekat sudah tidak bisa digunakan. Kami sudah tiga kali mengirim surat ke pihak perusahaan yang juga kerap menggunakan jalan itu, dan kalau bisa sekarang Camat yang turun langsung memberikan teguran pada perusahaan,” tegasnya.

Untuk itu, ia pun berharap agar di tahun 2018 dapat dilakukan perbaikan infrastruktur jalan guna menunjang hadirnya fasilitas kesehatan dan pendidikan di wilayah tersebut. 

“Jangan sampai di 2018 masih tidak dianggarkan. Kami berharap ini menjadi perhatian bagi pihak-pihak terkait. Sebab jika tidak, kemungkinan kami dari dua kampung akan bersama-sama turun membuat peraturan jalan,” tandasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Akses Jalan Rusak Parah, Fasilitas Kesehatan dan Pendidikan Terkendala

Related Posts

Portal Berau Updated at: February 16, 2018

0 comments :

Post a Comment