-->

Susah Dicari, Trend DO Juga "Menjangkiti" Si Melon

Posted by marta on 20 February 2018


Foto : Megapolitan kompas.com
TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU- Mendengar kata "Delivery Order", yang terlintas di pikiran kita biasanya adalah makanan yang dipesan dan diantarkan ke rumah. 
Eits, ternyata sekarang tak hanya makanan loh yang bisa di DO. Di Tanjung Redeb misalnya, selain pangan dan sandang, si melon alias tabung lpg 3 kilogram pun mulai menjadi lahan DO yang cukup lumayan omsetnya.

Susahnya mencari stok penjual tabung melon memang menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat lebih memilih untuk DO. Selain menghemat tenaga, asap di dapur pun akan tetap bisa ngebul.

"Kalau harus mencari stok penjual lpg 3 kg ini agak ribet. Apalagi kalau jarak rumahnya jauh seperti saya di Teluk Bayur, yang terpaksa harus berkeliling sampai ke Tanjung Redeb, pastinya memakan waktu dan tenaga. Belum lagi pekerjaan di rumah yang tidak bisa ditinggal. Kalau DO kan kita tinggal menunggu saja di depan pintu," ungkap Yuli, yang mengaku sudah beberapa kali menggunakan jasa DO si melon ini.

Meskipun harus merogoh kocek yang lumayan untuk pembayarannya, nyatanya tak membuat masyarakat keberatan. Jika harga normal tabung gas isi ulang 3 kg di kisaran harga Rp 27 ribu, jika menggunakan jasa DO, harga yang dibanderol oleh penjual antara Rp 30 ribu hingga pernah juga mencapai Rp 35 ribu jika stoknya sedang kosong.

Sosial media (sosmed) seperti facebook pun menjadi sarana yang sering digunakan untuk mencari penjual lpg. Beberapa lapak atau grup khusus masyarakat yang berdomisili di suatu daerah seperti di Kabupaten Berau, menjadi tempat mencari informasi.

"Kalau posting di facebook, responnya cepat. Ada saja yang memberikan informasi penjual lpg atau bahkan yang menyediakan jasa pengantaran tabung gas isi ulang. Tidak masalah kalau harus membayar lebih, daripada saya tidak bisa memasak kan," tutur Riska, salah satu warga yang berdomisili di Jalan Pemuda, Tanjung Redeb.

Selain memberikan jasa pengantaran, beberapa penjual lpg juga ada yang memberikan layanan ekstra berupa pemasangan tabung gas. Layanan pemasangan ini biasanya diberikan kepada pelanggan yang memintanya. (Tim) 

» Terimakasih telah membaca: Susah Dicari, Trend DO Juga "Menjangkiti" Si Melon

Related Posts

Portal Berau Updated at: February 20, 2018

0 comments :

Post a Comment