-->

Aktivitas Pengeboman Ikan di Daerah Pesisir Sudah Tak Terdengar Lagi

Posted by marta on 12 March 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Pasca operasi penertiban pengeboman ikan oleh Polres Berau, di Pulau Balikukup, Mataha dan Bilang-bilangan, Kecamatan Batu Putih pada Februari 2018 lalu, kini aktivitas pengeboman ikan mulai menurun drastis. Bahkan, tak hanya di 3 pulau tersebut, daerah Tanjung Batu, Kecamatan Derawan, pun ikut terkena dampaknya, yakni berhentinya aksi pengeboman ikan.


Profauna memberikan apresiasi atas tindakan penertiban pengeboman ikan oleh Polres  Berau yang dipimpin AKBP Sigit Wahono SIK itu. Lembaga peduli fauna ini berharap kegiatan penertiban praktek pengeboman ikan bisa dilakukan secara terus menerus, Karena tanpa patroli rutin, dikhawatirkan pengeboman ikan akan kembali marak.

Dari pantauan Profauna, pada bulan Oktober hingga November 2017 terjadi 140 kali ledakan di sekitar perairan Pulau Mataha dan Bilang-bilangan. Hal itu diungkapkan langsung Koordinator Profauna Borneo, Bayu Sandi kepada portalberau.com, Senin (12/3/2018).
"Penangkapan ikan dengan menggunakan bom itu sudah pasti merusak ekosistem laut. Kerusakan utama yang diakibatkan dari kegiatan itu adalah rusaknya terumbu karang yang merupakan tempat atau berkembangnya ikan dan biota lainnya. Rusaknya terumbu karang dalam skala besar akan berdampak buruk pada sosial ekonomi masyarakat secara luas," ucap Bayu. 
Berdasarkan pantauan terkahir pada bulan Maret 2018, di Kampung Balikukup memang sudah tidak lagi terdengar suara ledakan apapun di sekitar laut. Kepala Kampung Balikukup, Ridwan atau dikenal dengan Pak Pinduk mengatakan bahwa memang sudah tidak ada kegiatan ledakan bom ikan di perairan sekitar 3 pulau tersebut. 

"Harusnya pemerintah Kabupaten Berau membuat tim yang melibatkan seluruh pihak untuk menyelesaikan praktik pengeboman ikan ini. Tidak hanya pihak kepolisian yang bertindak hukum, akan tetapi peran pemerintah untuk persoalan sosial masyarakat juga harus dipikirkan," tandasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Aktivitas Pengeboman Ikan di Daerah Pesisir Sudah Tak Terdengar Lagi

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 12, 2018

0 comments :

Post a Comment