-->

Aktivitas Tambang Sekitar Tempat Wisata, Kadisbudpar : Kalau Provinsi Kasih Izin, Kita Bisa Apa?

Posted by marta on 22 March 2018



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Kekhawatiran adanya efek aktivitas penambangan yang dapat merusak daerah wisata hutan kota Tangap, diungkapkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola hutan kota Tangap tersebut, pada Musrenbang Teluk Bayur beberapa waktu lalu.

Mulai bangkitnya gairah rekreasi masyarakat khususnya di Kabupaten Berau, pastinya akan memberikan dampak bagus bagi perkembangan tempat rekreasi yang dulunya lebih dikenal sebagai tempat penangkaran buaya ini. Bahkan, dari pemasukan tiket masuk saja bisa mencapai jutaan rupiah, terutama di hari libur atau akhir pekan. Hal inilah yang ditakutkan nantinya akan berkurang jika ada aktivitas penambangan yang dilakukan di sekitar hutan kota tersebut.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Mappasikra Mappaseleng menyebutkan jika sampai saat ini belum ada masalah terkait persoalan penambangan sekitar daerah Tangap.

"Sejauh ini sih masih aman-aman saja. Tetapi, kalaupun nantinya aktivitas penambangan itu semakin melebar hingga mendekati Tangap, tentunya akan jadi perhatian kita juga ya. Jangan sampailah hal itu terjadi karena Tangap itu juga salah satu aset Kabupaten juga," jelasnya kepada portalberau.com.

Lebih lanjut dikatakannya, memang sebelum menambang, perusahaan harus meminta ijin terlebih dahulu. Tetapi permasalahannya yakni, kewenangan pemberian perijinan tambang sekarang bukan lagi di Kabupaten melainkan di provinsi. Sehingga, jelas Sikra, hal ini juga bisa menjadi salah satu kendala nantinya.

"Katakan saja di Kabupaten tidak diberi ijin, tetapi di provinsi ternyata ijin penambangannya lolos, ya kita tidak bisa apa-apa. Tetapi kalaupun itu terjadi, nantinya akan kita upayakan, bagaimanapun agar aktivitas penambangannya tidak merembet sampai ke Tangap," tegasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Aktivitas Tambang Sekitar Tempat Wisata, Kadisbudpar : Kalau Provinsi Kasih Izin, Kita Bisa Apa?

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 22, 2018

0 comments :

Post a Comment