-->

Bukan Cuma Whale Shark, Ubur-Ubur dan Manta Ray Juga Akan Dipajang di Ancol ???

Posted by marta on 19 March 2018



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Ramai diperbincangkan terkait wacana translokasi Hiu Paus Talisayan, rupanya hanya sebagian kecil dari kabar yang mengejutkan. Pasalnya, ubur-ubur Pulau Kakaban yang terkenal tidak menyengat serta Pari Manta, disebut--sebut juga akan menjadi bahan pajangan di kolam Taman Impian Jaya Ancol.

 
Adalah "Berau Corner", sebutan yang diberikan bagi akuarium yang nantinya akan menampung beberapa jenis biota endemik khas Kabupaten Berau, dimana area tersebut akan menjadi tempat khusus bagi biota-biota tersebut. Saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Mappasikra Mappaseleng, menyampaikan hal tersebut.

"Memang ada terbersit rencana kelanjutannya seperti itu dari pihak Taman Impian Jaya Ancol. Apalagi komisaris Ancol saat ini, ibu Tuti yang merupakan salah satu warga asli Berau yakni Maratua, melihat keunikan biota-biota tersebut yang bisa menjadi daya tarik bagi Kabupaten Berau, dan akan lebih luas lagi dikenal jika dapat diperkenalkan lewat Sea World," terangnya.

Tetapi, jelas Sikra, hal yang perlu digarisbawahi adalah, pengalokasian beberapa jenis biota tersebut tidak bisa dilakukan sebelum benar-benar ada hasil riset yang pasti.

"Semuanya melalui penelitian. Misalnya, bagaimana kondisi airnya yang selama ini dihuni oleh Unsting Jellyfish di Kakaban. Karena kan tidak mungkin pihak Ancol langsung memindahkan begitu saja tanpa mengetahui detilnya. Bisa-bisa nanti biota tersebut tidak dapat bertahan hidup," tambahnya.

Namun, menurutnya rencana pembuatan Berau Corner itu patut di apresiasi. Karena selain menjadi bentuk promosi, pastinya juga akan mempengaruhi jumlah kunjungan wisata ke Berau. Disebutkan Sikra, jika di Ancol pengunjung hanya bisa melihat atau menyaksikan semua biota tersebut dari luar akuarium, maka untuk merasakan sensasi berenang bersama Whale Shark atau memegang langsung ubur-ubur Kakaban, pastinya akan mengunjungi Berau.

"Jadi untuk jumlah kunjungan wisata nanti pasti akan bertambah. Apalagi bagi mereka yang penasaran dan ingin merasakan sensasi secara langsung, pasti akan datang ke Berau kan?," pungkasnya.(Tim)

» Terimakasih telah membaca: Bukan Cuma Whale Shark, Ubur-Ubur dan Manta Ray Juga Akan Dipajang di Ancol ???

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 19, 2018

0 comments :

Post a Comment