-->

Kalau untuk Penelitian, Mengapa Bukan Wahana Ancol yang Dibangun di Berau ???

Posted by marta on 20 March 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Dalam dapat dengar pendapat terkait MoU kerjasama Pemkab Berau dengan PT Taman Impian Jaya Ancol pada Senin (19/3/2018), tersebut bermacam saran yang diharapkan nantinya bisa menjadi pertimbangan sebelum rencana pengalokasian Whale Shark dilakukan. Salah satunya yakni pembuatan wahana serupa di Ancol yang dibangun di Berau.

Saran ini diungkapkan oleh salah satu pemerhati lingkungan, Sinung Hari Pratiwo. Dikatakannya, jika memang pemindahan Hiu Paus tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan penelitian, mengapa harus dipindahkan? Bukankah penelitian atau riset bisa dilakukan di habitat hidupnya sehingga tidak memutuskan rantai ekosistem yang sudah ada.

"Kalau memang untuk riset, bisa saja kan pihak Ancol yang datang ke sini (Berau-Red), dan membangun wahana semacam lorong bawah laut atau yang bisa menjadi akses ke Whale Shark tersebut. Jadi, tak hanya penelitian, juga bisa menjadi objek wisata juga kan," terang pria yang juga menjadi dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Berau ini.

Selain menjadikan salah satu wahana objek wisata, lebih lanjut dikatakannya, jika pemasukan yang didapat nantinya juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Talisayan, yang menjadi tempat lokasi riset.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo menerima baik usulan saran tersebut. Tetapi, sebelum merealisasikan hal tersebut, ia meminta semua pihak memikirkan bagaimana dampak ke depannya.

"Mungkin bisa saja dibuat wahana seperti itu, tetapi kita lihat juga jumlah pengunjung atau wisatawan yang datang ke Berau. Apakah nantinya jika ada wahana tersebut, pemasukan bisa sesuai? Sedangkan kalau di Ancol, setiap tahunnya bisa sampai 18 juta pengunjung yang menyambangi Sea World, dan itu akan menjadi pemasukan yang cukup besar bagi PAD Berau. Tidak sebanding dengan jumlah kunjungan wisata ke Berau yang hanya bisa mendatangkan sekitar 271 ribu pengunjung saja," jelasnya.

Dikatakan Wabup juga bahwasannya, Hiu Paus yang dibawa ke Ancol tersebut akan diletakkan di salah satu area Sea World, dimana itu merupakan. wahana favorit yanh sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun. asing, sehingga pemasukan. yang didapat pun akan cukup menjanjikan.

"Kalau di Ancol pemasukan sudah pasti, nah kalau wahananya dibangun di Berau, apakah juga akan mendapat pemasukan setara? Ini pastinya juga akan jadi pertimbangan tersendiri bagi pihak Ancol," tutupnya.(Tim)

» Terimakasih telah membaca: Kalau untuk Penelitian, Mengapa Bukan Wahana Ancol yang Dibangun di Berau ???

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 20, 2018

0 comments :

Post a Comment