-->

Pengawasan dan Pengamanan Laut Lebih Penting Ketimbang Meributkan Wacana Alokasi

Posted by marta on 20 March 2018

Sejumlah mahasiswa dan pemerhati lingkungan berdemonstrasi di depan Kantor DPRD Berau
TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Selain masalah alokasi Whale Shark yang sedang ramai menjadi bahan perbincangan, ada hal lain yang ternyata lebih penting dan seharusnya menjadi perhatian semua pihak, yakni bagaimana menjaga keamanan laut dari pencurian.


Hal ini dikemukakan oleh Wakil Ketua II DPRD Berau, Anwar. Dikatakannya, ia sangat mengapresiasi langkah mahasiswa dan LSM pemerhati lingkungan yang tak segan untuk mengkritisi pemerintah. Karena ini menunjukkan kepedulian dan kepekaan mereka terhadap pembangunan di Kabupaten Berau.

"Saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan, tapi dibalik semua kritisi itu, ada hal yang lebih penting lagi untuk menjadi perhatian adalah bagaimana kita mengawasi laut agar biota-biota yang ada tidak sampai diambil orang atau dicuri, karena faktanya selama ini seperti telur penyu misalnya, masih saja ada yang diperdagangkan secara bebas tanpa kita ketahui. Bukan tidak mungkin juga kan nantinya Hiu Paus juga akan dicuri, seperti yang dijelaskan Wabup sebelumnya, dimana ratusan Whale Shark diambil dan dibawa ke luar negeri," terangnya.

Menurutnya, sebelum membicarakan alokasi yang masih wacana, sebaiknya pengamanan yang terlebih dahulu ditingkatkan. Apalagi untuk pengawasan laut ini kewenangannya sudah diambil oleh provinsi, sehingga kabupaten tidak bisa melakukan pengawasan secara optimal. Kurangnya dana juga menjadi faktor lain yang menyebabkan tidak terpantaunya laut Berau ini secara menyeluruh.

"Pengawasan dan pengamanan laut kan butuh dana besar, kapal-kapal besar. Dan di Berau sendiri tidak ada dana sebesar itu. Bahkan, beberapa waktu lalu saat ramai kasus pencurian telur penyu, tugas pengawasan malah diserahkan kepada Satpol PP, itupun dananya sangat terbatas," lanjutnya.

Ia berharap, dengan adanya gerakan kritisi ini, nantinya akan bisa menggugah provinsi untuk dapat memberikan pengawasan dan pengamanan lebih untuk laut Berau.

"Inilah yang perlu menjadi bahan diskusi juga, soal pengamanan laut Berau, karena ini adalah hal paling mendasar. Semoga gerakan ini bisa didengar provinsi sehingga akan ada dana yang diberikan kepada Pemkab Berau, untuk bisa melakukan pengawasan menyeluruh," pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Pengawasan dan Pengamanan Laut Lebih Penting Ketimbang Meributkan Wacana Alokasi

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 20, 2018

0 comments :

Post a Comment