-->

Pengguna BPJS Tidak Boleh Gunakan KBS untuk Berobat, Ini Alasannya !!!

Posted by marta on 20 March 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Sejak dibagikan secara berkala di 13 Kecamatan di Kabupaten Berau, Kartu Berau Sejahtera (KBS) sudah mulai dimanfaatkan oleh warga yang mendapatkan jatah KBS tersebut. Mayoritas yang banyak dimanfaatkan dari KBS adalah untuk layanan kesehatan. 
Eit, tapi jangan sampai salah kaprah ya, karena pemilik kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Askes, maupun Jamsostek, tidak bisa menggunakan KBS-nya saat berobat.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala UPTD Pelayanan Terpadu Kesejahteraan Sosial, Marwati, saat ditemui portalberau.com, beberapa waktu lalu. Dikatakannya, bagi pemegang kartu BPJS atau sejenisnya, tidak bisa menggunakan KBS-nya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Alasannya yakni, keberadaan KBS itu sendiri ternyata hampir sama dengan BPJS.

"KBS sistemnya sama dengan BPJS, Askes dan Jamsostek. Jadi kalau mau berobat, dipakai salah satunya saja, karena pada prinsipnya, penggunaannya pun sama. Kecuali kalau memang tidak memiliki BPJS, maka KBS-nya bisa dipergunakan," jelasnya.

Karena KBS ditujukan bagi keluarga tidak mampu, tentunya juga tidak semua lapisan masyarakat bisa mendapatkannya. Bahkan, untuk penerima KBS yang terdata saat ini adalah memang merupakan warga atau keluarga yang miskin, yang notabenenya hanya sedikit yang memiliki BPJS.

"Jadi jangan sampai salah dalam penggunaannya, karena keduanya sama. Hanya saja, kelebihan dari KBS ini adalah, kalau dulu warga miskin harus meminta surat keterangan tidak mampu untuk mengurus pengobatan di puskesmas, maupun rumah sakit, sekarang tidak perlu lagi karena KBS sudah mencakup semuanya, termasuk keterangan bahwasannya si pemilik KBS adalah warga kurang mampu," tutupnya.(Tim)

» Terimakasih telah membaca: Pengguna BPJS Tidak Boleh Gunakan KBS untuk Berobat, Ini Alasannya !!!

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 20, 2018

0 comments :

Post a Comment