-->

Berau Sudah Punya Rumah Khusus untuk Penenun Lho !!!

Posted by marta on 4 April 2018


TELUK BAYUR, PORTALBERAU- Selasa (3/4/2018), Rumah Tenun Kampung Tumbit Melayu, diresmikan. Pembuatan bangunan terbuat dari papan ulin tersebut, merupakan gagasan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Berau, dengan bantuan pihak ketiga yakni PT Berau Coal.


Dikerjakan dalam waktu singkat, bangunan yang nantinya menjadi pusat kegiatan keseluruhan kerajinan tenun. Bahkan, untuk ke depannya juga akan dijadikan pusat kegiatan ekstrakurikuler siswa siswi di Kabupaten Berau. Peresmian dilakukan oleh Bupati Berau, Muharram, Ketua Dekranasda Berau, Sri Juniarsih Naksir, dan perwakilan dari Berau Coal.

Perwakilan CSR Berau Coal, Rudini mengatakan, jika rumah tenun ini dibangun karena awalnya ada permintaan atau proposal dari Dekranasda. Dan melihat hasil peninjauan Ketua Dekranasda Berau di Kampung Tumbit Melayu yang cukup berkembang, maka tercetuslah gagasan untuk membuatkan wadah bagi para pengrajin tenun di Kabupaten Berau.

"Ini merupakan inisiatif dari ibu Bupati selaku Ketua Dekranasda Berau, setelah beliau melihat kelayakan tempat penenunan di Kampung Tumbit Melayu, sehingga akhirnya beliau berkoordinasi dengan Berau Coal untuk mewujudkan, memberikan tempat yang layak bagi para pengrajin tenun di Kabupaten Berau," terangnya kepada portalberau.com.

Ditambahkannya, untuk fungsi rumah tenun yang selesai dikerjakan dalam jangka waktu singkat  ini juga nantinya selain digunakan sebagai tempat bekerja menenun, yang dikembangkan juga ke kampung-kampung lain dalam bentuk kerjasama, juga menjadi rumah pajang hasil tenun.

"Nanti yang dipajang juga adalah hasil tenun yang merupakan khas Berau, dengan motif penyu dan motif lain yang menjadi ciri Kabupaten Berau. Dan ini yang saat ini masih terus dikembangkan para penenun di Kampung Tumbit Melayu ini," imbuhnya.

Sedangkan Ketua Dekranasda saat ditemui di sela-sela peresmian mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Berau Coal yang sudah mau membangun rumah tenun ini.

"Terimakasih kepada Berau Coal yang mau membuatkan rumah tenun ini. Dan diharapkan nantinya juga akan menjadi wadah bagi para penenun di Kabupaten Berau, bukan hanya di Kampung Tumbit Saja. Bahkan, saya juga berharap nanti akan semakin banyak yang mai belajar menenun, terutama pemudinya, agar bisa regenerasi dan tenun Berau ini semakin berkembang sampai ke luar Berau. Dan ini juga bisa menjadi salah satu sarana memperkenalkan ke wisatawan yang berkunjung, dengan menjadikan hasil tenun Beraunya sebagai oleh-oleh bagi mereka. #tetimakasihberaucoal#majubersamaberaucoal," terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, selain tenun, untuk batik Berau yang notabenenya sudah lebih dulu dikenal masyarakat luas, juga akan terus dikembangkan.

"Tenun dan batik Berau akan terus kita kembangkan. Kita perkenalkan ke luar Berau, sehingga perkembangannya bisa berbanding lurus antara keduanya. Tenun dan batik khas motif Berau bisa sama-sama meluas," tutupnya.(Tim/Advertorial)

» Terimakasih telah membaca: Berau Sudah Punya Rumah Khusus untuk Penenun Lho !!!

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 04, 2018

0 comments :

Post a Comment