-->

Calhaj yang Belum Istithaah Wajib Lakukan di Puskesmas Masing-Masing

Posted by marta on 13 April 2018

 
Foto Pemkab Berau
TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Syarat wajib tes kesehatan dan tes kebugaran (istithaah) bagi calon jemaah haji Indonesia, juga berlaku di Kabupaten Berau. Sebanyak 150 calhaj pun sudah terdaftar untuk mengikuti tes tersebut, yang digelar oleh Dinas Kesehatan Berau, pada Sabtu (7/4/2018) lalu.

Tes kebugaran tersebut merupakan hal baru bagi calhaj karena sebelumnya hanya ada tes kesehatan. Dan seluruh calhaj wajib mengikuti tes kebugaran fisik sebelum berangkat ke tanah suci, dimana kebijakan yang mewajibkan tes kebugaran fisik itu berlaku bagi semua calon jemaah haji.

Tes kebugaran yang dilaksanakan, bertujuan untuk mengetahui lebih jauh kondisi kebugaran calhaj di tahun 2018. Apabila ada penyakit yang perlu penanganan dan pemantauan lebih lanjut, maka sejak jauh hari sudah diketahui. Dengan demikian mereka benar-benar siap ketika ketika hendak melaksanakan ibadah haji.

"Tesnya berupa jalan cepat, karena untuk mengetahui kekuatan jantung. Apalagi cuaca di sana (tanah suci) juga berbeda kan dengan di Indonesia, khususnya di Berau sendiri. Nah tes ini juga nantinya akan mempersiapkan para calhaj menghadapi kondisi di tanah suci tersebut," terang Kepala Dinas Kesehatan Berau, Totoh Hermanto, saat ditemui Portal Berau, beberapa waktu lalu, di ruang kerjanya.

Sedangkan untuk istithaah bagi jemaah haji, menurut Totoh, merupakan syarat wajib calhaj sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15/2016 tentang Istithaah jemaah haji. Dimana Istithaah ini digunakan untuk menggambarkan kemampuan jemaah haji baik secara jasmani, rohaniah, pembekalan dan keamanan untuk menuaikan ibadah haji tanpa menelantarkan kewajiban terhadap keluarga.

"Dengan dilakukan tes kebugaran kesehatan tersebut, diharapkan calhaj maupun petugas haji dapat mengetahui tingkat kebugaran kesehatan dan jenis aktivitas fisik yang sesuai tingkat kebugaran. Ini juga sebagai upaya latihan aktivitas fisik jalan kaki untuk persiapan ibadah di tanah Suci Mekkah," imbuhnya.

Untuk itu, bagi beberapa peserta calhaj yang tidak hadir dalam tes kebugaran kemarin, diwajibkan untuk melakukan tes kebugaran sendiri di masing-masing puskesmas tempat mereka berdomisili.

"Oh iya, tetap mereka harus melakukan tes kebugaran itu karena itu sudah merupakan kebijakan dari pemerintah agar mengantisipasi hal yang tidak diinginkan nantinya di tanah suci," pungkasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Calhaj yang Belum Istithaah Wajib Lakukan di Puskesmas Masing-Masing

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 13, 2018

0 comments :

Post a Comment