-->

Dinsos Tuntaskan Pendistribusian Kartu Berau Sejahtera ke-13 Kecamatan

Posted by marta on 19 April 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Sosial telah menuntaskan pendistribusian Kartu Berau Sejahtera (KBS) kepada masyarakat keluarga miskin yang berhak menerima di 13 kecamatan. Tercatat sebanyak 3.628 kepala keluarga dengan 13.708 jiwa yang menerima manfaat dari program KBS.

Pemegang KBS selanjutnya dapat langsung menggunakan KBS untuk mendapat pelayanan kebutuhan masing masing dari delapan program yang diberikan. Program sudah berjalan sebelum kartu dibagikan, dengan KBS akan lebih memudahkan dalam mendapat playanan. Seperti jaminan pelayanan kesehatan, beasiswa pendidikan, pelatihan wirausaha, pelatihan persiapan kerja, modal usaha tanpa bunga, jaminan administrasi kependudukan, bantuan langsung tunai bagi fakir miskin, yatim-piatu dan lansia terlantar hingga santunan kematian.


Kepala Dinas Sosial Berau, Sri Eka Takarianti, mengungkapkan tim pelayanan terpadu Dinas Sosial turun langsung ke seluruh kecamatan untuk menyerahkan KBS sekaligus memberikan sosialisasi kepada perangkat kecamatan serta kelurahan dan kampung yang meneruskan pendistribusian langsung kepada masyarakat sesuai dengan data yang telah ditetapkan. 

“Kita sudah tuntaskan penyaluran KBS ke seluruh kecamatan,” ungkapnya.

Untuk Penetapan penerima KBS ditegaskannya telah melalui proses verifikasi langsung dengan melibatkan instansi terkait hingga pemerintah kelurahan dan kampung. Tim terpadu melakukan verifikasi langsung ke lapangan. 

“KBS ini kita berikan kepada mereka yang benar benar keluarga miskin dan dari verifikasi lapangan memang dinilai memenuhi syarat untuk menerima KBS,” jelasnya.

Masyarakat pemegang KBS dijelaskan Eka, menerima program yang ada sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya. Seperti pelayanan kesehatan masyarakat pemegang KBS cukup membawa KBS dan kartu keluarga untuk bisa mendapat pelayanan. Begitu juga bagi mereka yang memiliki anak diusia sekolah bisa mendapatkan beasiswa bantuan pendidikan. Keluarga miskin yang masih ada lanjut usia (Lansia) juga menerima santunan langsung tunai. Sementara untuk program bantuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih menunggu kelengkapan regulasi yang terus dimantapkan. 

“Program program ini sudah berjalan dan masyarakat sudah menerima manfaatnya. Pemegang KBS ini akan lebih mudah dalam birokrasinya. Seperti pelayanan kesehatan jika sebelumnya harus ada surat keterangan miskin maupun rekomendasi. Sekarang cukup bawa KBS dan kartu keluarga akan langsung bisa mendapat pelayanan kesehatan, ” jelasnya.

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kurang mampu, dijelaskan Eka Dinas Sosial juga memaksimalkan unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Pelayanan Terpadu Gerakan Masyarakat Peduli Kabupaten Sejahtera (Pandu Gempita) serta berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang memberikan pelayanan. 

Melalui UPTD ini masyarakat miskin akan mendapat pelayanan dan segala informasi yang dibutuhkan. Sehingga masyarakat pemegang KBS yang memerlukan informasi dan manfaat kartu tersebut disampaikannya bisa langsung ke UPTD Pandu Gempita di Komplek GOR Taruna Tanjung Redeb. 

“KBS ini sangat membantu keluarga kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan,” tandasnya. (humas pemda berau)

» Terimakasih telah membaca: Dinsos Tuntaskan Pendistribusian Kartu Berau Sejahtera ke-13 Kecamatan

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 19, 2018

0 comments :

Post a Comment