-->

Bupati Beri Penghargaan untuk Koperasi Berprestasi

Posted by marta on 18 July 2018

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 71 di Kabupaten Berau digelar dengan Upacara di halaman Kantor Bupati Berau, Selasa (17/7/2018) kemarin. Bupati Berau, Muharram, bertindak selaku pembina upacara sekaligus membacakan amanat Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, AAGN.Puspayoga. Turut hadir Wakil Bupati, Agus Tantomo, Sekkab, M Gazali, serta unsur forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Berau.

Melalui peringatan Hari Koperasi Nasional, Bupati Muharram juga memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi tahun 2018, diantaranya Koperasi BKB, Koperasi Saturut, Koperasi Pengayoman, Koperasi Mitra Ibu dan Koperasi Ulai Barintak. Selain itu penghargaan diberikan kepada tokoh Koperasi Kabupaten Berau yang diberikan kepada Muhammad Bayu, Samsuddin, Mansyah Kelana dan Lazarus Apui.

Bupati Berau, Muharram, membacakan amanat Menteri Koperasi dan UKM, mengungkapkan sejalan dengan program Presiden dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk memberikan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan. Maka koperasi memiliki peran yang strategis. Pertumbuhan ekonomi bisa saja tercapai, namun belum tentu terjadi pemerataan kesejahteraan masyarakat. Solusi yang tepat untuk melakukan pemerataan pendapatan tersebut adalah melalui koperasi.

Sesuai dengan arahan Presiden untuk melakukan reformasi total koperasi, Kementerian Koperasi dan UKM melakukan tiga langkah strategis. Pertama reorientasi koperasi yang mengorientasuikan pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya, bukan lagi pada kuantitas koperasi.  Oleh karena itu koperasi beserta pembina koperasi dari puat hingga daerah mulai menggerakkan pembangunan koperasi yang berkualitas dari aspek, kelembagaan, usaha dan keuangannya.

Kedua rehabilitasi koperasi yang dimulai dengan membuat database koperasi sebagai dasar untuk pembenahan koperasi. Untuk itu koperasi didorong untuk melakukan rapat anggota tahunan (RAT) sehingga semua koperasi menjadi sehat. Ketiga melakukan pengembangan koperasi, dimana pemerintah terus menerus melakukan pembinaanuntuk pengembangan koperasi. 

“Kita berharap agar terjadi sinergi positif antara upayayang dolakukan oleh Gerakan Koperasi dan pemerintah, sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” ungkapnya.

Bupati Muharram dalam kesempatan itu juga menyampaikan selamat kepada koperasi yang telah meraih penghargaan sebagai koperasi berprestasi. Muharram berharap koperasi dapat menjalankan perannya dengan baik sehingga memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan anggota koperasi. Bupati Muharram juga menyampaikan terima kasih kepada para tokoh koperasi Kabupaten Berau yang selama ini telah mencurahkan segala perhatiannya dalam pembangunan koperasi di Bumi Batiwakkal. (humas pemda berau)

» Terimakasih telah membaca: Bupati Beri Penghargaan untuk Koperasi Berprestasi

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 18, 2018

0 comments :

Post a Comment