-->

Peringati Hari Koperasi Nasional ke-71, Diskoperrindag Gelar Produk Koperasi dan UMKM

Posted by marta on 18 July 2018

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Memperingati Hari Koperasi Nasional ke 71, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) bekerjasama dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Berau menggelar pameran produk koperasi dan UMKM yang dipusatkan di Halaman Kantor Diskoperindag Jl Dr Murjani I Tanjung Redeb. 

Gelar Produk Koperasi dan UMKM yang dimulai Selasa (17/7) kemarin dibuka secara resmi Bupati Berau, Muharram, didampingi Ketua DPRD, Syarifatul Syadiah, serta sejumlah pejabat dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Berau. Gelaran ini akan berlangsung hingga Jumat (20/7/2018).

Berbagai produk unggulan dipromosikan dalam gelaran ini, mulai dari hasil kerajinan tangan dari UMKM Kecamatan Biduk Biduk, hingga berbagai produk makanan dan minuman yang kini telah diproduksi banyak di Bumi Batiwakkal. Melalui kesempatan itu Bupati Muharram juga menyerahkan stiker produk kepada perwakilan UMKM dari kecamatan se Kabupaten Berau.

Ketua Dekopinda Berau, M Yunus, mengungkapkan gelar produk koperasi dan UMKM dalam rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional tahun ini merupakan sebagai sarana promosi dan sekaligus sebagai evaluasi dari kelemahan atau kelebihan dari setiap produk para pelaku UMKM. 

Untuk itu Dekopinda disampaikan Yunus berharap dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Berau dalam rangka membangun dan pengembangan koperasi, baik dukungan permodalan, sarana prasarana maupun bimbingan teknis dan fasilitas kemudahan kemitraan dengan lembaga lainnya yang ada di Kabupaten Berau. 

“Kami sangat berharap dukungan dari segala pihak dalam pembangunan dan pembinaan koperasi serta Ikm dan UKM diKabupaten Berau,” ucapnya.

Kepala Diskoperindag Berau, Wiyati menyampaikan, gelaran produk Koperasi dan UKM disambut antusias para pelaku usaha. Sehingga kegiatan ini diharapkannya akan dapat membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan dan memasarkan produknya. Saat ini disampaikan Wiyati untuk pelaku UMKM di Kabupaten Berau jumlahnya 874 dengan berbagai ragam hasil produk olahan. 

Sementara untuk koperasi di Kabupaten Berau Diskoprindag telah melakukan penghapusan atau pencabutan ijin koperasi tidak aktif. Sehingga yang awalnya berjumlah 420 koperasi, saat ini tinggal 382 koperasi. Diksoprindag terus mendorong koperasi aktif, untuk melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) setiap tahun. 

“Yang melaksanakan RAT saat ini masih belum 100 persen, baru sekitar 78 persen. Kami terus melakukan pembinaan koperais,” tandasnya.

Dalam pembinaan UMKM dijelaskan Wiyati, pihanya terus memberikan pembinaan. Terutama dalam membantu pengemasan produk UMKm sehingga memiliki daya tarik dari nilai jual. Salah satunya dengan membentuk klinik kemasan yang sudah bekerja membantu pelaku UMKM dan IKM. 

Bupati Muharram memberikan apresiasi atas gelar produk Koperasi dan UMKM. Melalui kegiatan ini diharapkan akan membantu peningkatan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Berau. anak anak muda Kabupaten Berau diakuinya telah mampu mengembangkan usaha dengan berbagai kreatifitas, mulai dari mengolah produk hingga promosi dan akhirnya membangkitkan usaha di Kabupaten berau. 

“Ini generasi muda yang akan mampu menopang ekonomi kabupaten Berau. Kita berharap kedepan akan semakin banyak UMKM yang mampu ditumbuhkan generasi muda,” tandasnya. (humas pemda berau).

» Terimakasih telah membaca: Peringati Hari Koperasi Nasional ke-71, Diskoperrindag Gelar Produk Koperasi dan UMKM

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 18, 2018

0 comments :

Post a Comment