-->

Bergotong Royong Wujudkan Berau Sehat

Posted by PORTALBERAU on 27 August 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Upaya percepatan Berau sehat menjadi skala prioritas Pemerintah Kabupaten Berau. Salah satunya dengan membentuk Forum Berau Sehat. Tidak hanya membentuk ditingkat kabupaten, namun forum ini juga dibentuk hingga ke tingkat kecamatan dan kampung. Forum Berau sehat juga menjalin koordinasi dengan seluruh stakeholder untuk mendukung percepatan Berau sehat.
Bupati Berau, Muharram, menegaskan untuk mewujudkan Berau sehat perlu gotong royong seluruh stakeholder dan masyarakat. 


Untuk itu Muharram menekankan peran penting organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bersama sama menjalankan program dalam upaya percepatan perwujudan Berau Sehat untuk menuju Indonesia sehat. Pasalnya menciptakan masyarakat sehat tidak hanya tugas dari Dinas Kesehatan atau forum Berau sehat, akan tetapi perlu sinergisitas dari seluruh elemen. 

“Bagaimana kehidupan yang dipersyaratkan menjadi sehat itu, kita bergotong royong mewujudkannya,” ungkap Muharram, dalam pertemuan bersama seluruh OPD belum lama ini.

Pada tahun 2019 disampaikan Muharram, Kabupaten Berau masuk sebagai salah satu daerah yang mendapat penilaian dalam percepatan mewujudkan Indonesia sehat. Bumi Batiwakkal akan dinilai keseriusan dalam menjalankan tatanan yang dipersyaratkan dalam Indonesia sehat, melalui program Berau sehat. Sehingga komitmen dari seluruh OPD dan lembaga terkait sangat penting dalam upaya mensinergikan program untuk mewujudkan Berau sehat. 

“Kita tidak hanya ingin mengejar penghargaan dari penilaian ini, namun lebih kepada substansi dari program itu adalah Berau Sehat, karena salah satu yang diwujudkan adalah rakyatnya sehat,” ucapnya.

Penekanan mewujudkan masyarakat sehat ditegaskan Muharram bukan kepada tindakan medis dalam pelayanan kesehatan. Berau ini adalah program bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat, perkantoran yang sehat, pariwisata yang sehat, hingga kabupaten, provinsi dan Indonesia sehat. Sehingga melalui Berau sehat ini adalah sisi preventifnya, dengan memberikan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat untuk menciptakan kehidupan yang sehat. “ini betul betul harus kita seriusi dalam mewujudkan Berau sehat,” tegasnya.

Lebih lanjut Bupati Muharram menegaskan dua program besar yang menjadi perhatian serius dalam mewujudkan masyarakat yang sehat ini adalah kesehatan dan pendidikan. Jika pendidikan sudah merata, pelayanan kesehatan sudah terpenuhi dengan baik, maka diyakini masyarakat akan sejahtera. Namun jika kedua bidang ini tidak berjalan dengan baik, maka akan sulit untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. 

“Dua program ini berjalan dengan baik, maka yang lainnya juga akan mengikuti,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Berau, drg, Totoh Hermanto, mengungkapkan dalam pelaksanaan Berau sehat telah dilaksanakan di beberapa kampung. Pembinaan kepada kampung kampung hingga pelaku usaha, kawasan pariwisata dan sarana prasarana umum, serta bagaimana tatanan masyarakat yang mandiri menjadi fokus dalam pembinaan Berau.

Singkronisasi program pembangunan yang berkaitan dengan pelaksanaan Berau sehat di seluruh OPD ditegaskannya sangat penting. Termasuk pentingnya dilakukan evaluasi capaian indikator dari per tatanan yang harus dipenuhi. Serta mengidentifikasi permasalahan indikator per tatanan yang dilaksanakan. “Serta terbentuknya komitmen tim pembinaan pelaksanaan Berau sehat melalui pencapaian indikator. Ini yang penting adalah komitmen seluruh stakeholder,” tegasnya. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: Bergotong Royong Wujudkan Berau Sehat

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 27, 2018

0 comments :

Post a Comment