-->

Dekranasda Buka Outlet di Kalimarau Pasarkan Produk Lokal

Posted by PORTALBERAU on 21 August 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Tidak hanya memberikan pembinaan dan pelatihankepada masyarakat dalam mengembangkan industri ekonomi kreatif. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Berau juga terus mempromosikan produk daerah dengan memasarkan melalui berbagai media. Salah satunya outlet dekranasda yang kini ada di terminal bandar udara Kalimarau.


Outlet Dekranasda yang bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan PT Berau Coal ini, diresmikan Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Peggy Enggartiasto Lukita, yag juga pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pusat. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Peggy Lukita, didampingi Ketua Dekranasda Berau, Sri Juniarsih Muharram dan Wakilnya, Fika Yuliana Tantomo, Kamis (16/8).

Istri Mendag, Peggy Lukita, memberikan apresiasi kepada Dekranasda Berau yang giat melaksanakan program kerja dalam meningkatkan kerajinan daerah. Tidak hanya memberikan pelatihan dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Namun promosi produk kerajinan lokal menurutnya juga sangat penting. Termasuk membuka outlet seperti yang dilakukan dekranasda Berau. 

Terlebih Berau sebagai salah satu daerah tujuan wisata dikatakannya perlu didukung dengan ekonomi kreatif yang menjadi buah tangan atau oleh oleh bagi wisatawan. Outlet di di terminal keberangkatan Bandara Kalimarau menurutnya bagian untuk mendekatkan akses ke wisawatan. 

“Berau ini memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Tertentu ini diharapkan bisa mengembangkan kerajinan dan tentu bermanfaat bagi perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Ketua Dekranasda Berau, Sri Juniarsih Muharram, mengatakan dalam upaya promosi dan memasarkan hasil kerajinan daerah, pihaknya tidak hanya membuka outlet di bandar Kalimarau. Namun juga membuka outlet di tempat tempat lain. Termasuk giat dalam mengikuti pameran promosi produk daerah baik ditingkat daerah maupun nasional. 

Dekranasda Berau juga terus menjalin koordinasi dan kerjasama dalam melaksanakan program kerja dengan Dekranas pusat dalam upaya pengembangan kerajinan daerah. 

“Ini menjadi salah satu outlet kita, akan terus bertambah outlet outlet ditempat lain,” ucapnya.

Berbagai produk yang dipasarkan disampaikan Sri Juniarsih seperti tenun dan batik Berau, berbagai produk hasil kerajinan tangan berbahan baku lokal, mulai tas hingga ikat pinggang. Selain itu juga berbagai produk hasil pangan dari berbagai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten berau. bersama Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoprindag), Dekranasda Berau terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM di kabupaten Berau. 

“Kita akui masih banyak kendala yang dihadapi, namun kami akan tetap terus berupaya untuk mempromosikan dan memasarkan produk lokal Berau,” tandasnya. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: Dekranasda Buka Outlet di Kalimarau Pasarkan Produk Lokal

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 21, 2018

0 comments :

Post a Comment