-->

Forum Berau Sehat Aksi Bersih Pantai Maratua

Posted by PORTALBERAU on 21 August 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Forum Berau Sehat Kabupaten Berau melakukan aksi bersih-bersih pantai di sekitar Kampung Teluk Harapan Kecamatan Maratua. Aksi ini Dipimpin langsung oleh Sri Juniarsih Muharram sebagai Ketua Forum Berau Sehat Kabupaten Berau. Anggota Forum yang terdiri dari perwakilan instansi dan lembaga di Kabupaten Berau ini berbaur bersama masyarakat dan beberapa wisatawan untuk membersihkan sampah plastik di sekitar pantai.


Sri Juniarsih berpesan agar warga masyarakat meningkatkan semangat untuk menjaga kebersihan sekeliling rumah mereka termasuk pantai dan laut mereka. Juniarsih menyampaikan, Sebagai daerah wisata, masyarakat Maratua dikatakannya memiliki kepentingan untuk menjaga kebersihan daerahnya. 

“Karena hal inilah yang akan menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Maratua. Hal ini sesuai dengan  sapta pesona pariwisata yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan,” ungkapnya.

Camat Maratua, Marsudi yang ikut mendampingi Ketua Forum Berau Sehat mengingatkan kepada warga agar selalu menjaga kebersihan pantai dan lingkungan sekitar rumah warga. "Menjaga kebersihan masing-masing saja sudah bagus, apalagi kalau bisa menggerakkan warga yang lain untuk membersihkan pantai seperti ini." tegas Marsudi kepada warga Maratua yang turut berpartisipasi. 

Aksi ini turut menarik perhatian wisatawan mancanegara yang sedang berwisata di Maratua dan ikut memungut sampah plastik bersama warga masyarakat. Menurut Johanna, salah satu wisatawan yang ikut dalam acara ini, semangat untuk menjaga kebersihan pantai dan laut ini penting untuk dipelihara. 

"Anda punya laut seindah surga disini yang perlu kita jaga bersama. Kalau lingkungan kita kotor maka bukan hanya kita yang menderita tapi juga binatang binatang yang ada di dalam laut juga akan mati" pungkas Johanna dengan bahasa Indonesia yang masih bercampur bahasa Inggris ini. 

Menurut wisatawan dari Jerman ini, Maratua memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan sehingga perlu untuk dijaga kelestariannya. Johanna yang datang ke Maratua bersama ibunya ini mengaku  senang diajak bersama melakukan penyadartahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai.

Sebelumnya Forum Berau Sehat menggelar sosialisasi tentang Penyelenggaraan Berau Sehat bersama kepada masyarakat yang berlangsung di pendopo Kecamatan Maratua. Sri Juniarsih menegaskan tentang pentingnya Berau Sehat ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Berau. Sri Juniarsih menuturkan, 

"Berau Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten Berau yang bersih, nyaman, aman dan sehat dihuni penduduk yang dicapai melalui  penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerah,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini terbentuk Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Maratua. Muhdiar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Komunikasi Kecamatan di Maratua. Adapun  Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Maratua Yusniati didaulat  sebagai Wakil Ketua Forum Komunikasi Kecamatan. Peserta lain yang hadir dari berbagai perwakilan masyarakat juga ikut ambil bagian dalam kepengurusan forum komunikasi tingkat kecamatan ini. (hms17)

» Terimakasih telah membaca: Forum Berau Sehat Aksi Bersih Pantai Maratua

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 21, 2018

0 comments :

Post a Comment