-->

Dibiayai Hingga Lulus SMA, Masuk Akmet Tanpa Tes

Posted by PORTALBERAU on 24 August 2018


TANJUNG REDEB-PORTALBERAU-  Jumat (24/8) kemarin, menjadi hari berbahagia bagi Daniel Daniri Tumanduk, pelajar SMA Negeri 9 Berau dari Pulau Maratua. Didampingi Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo dan Camat Maratua, Marsudi, serta orangtuanya, Daniel menerima langsung beasiswa dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita, di Kantor Kementerian Perdagangan di Jakarta.


Daniel adalah pelajar yang melakukan aksi memanjat tiang bendera untuk mengambil tali yang putus saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Republik Indonesia di Pulau Maratua, 17 Agustus lalu. 

Aksi heroiknya dilakukan dihadapan Menteri Perdagangan (Mendag) yang saat itu bertindak selaku inspektur upacara. Meskipun telah memberikan apresiasi secara langsung dilapangan. Mendag Enggartiasto Lukita yang kagum atas perjuangan Daniel, secara khusus mengundangnya untuk datang ke ibukota dan menerima beasiswa. 

Setibanya di kantor Kementerian Perdagangan, Daniel yang mengenakan seragam sekolah lengkap disambut menteri Enggartiasto Lukita yang didampingi Sekretaris Jenderal kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih. Didampingi Wabup Agus Tantomo dan orangtuanya, Daniel dijamu makan siang dan selanjutnya secara khusus menerima beasiswa langsung dari Menteri Perdagangan.

Daniel yang masih duduk dibangku kelas X SMA negeri 9 Berau, menerima beasiswa pendidikan hingga lulus SMA dari pribadi Menteri Perdagangan. Seluruh biaya selama menempuh pendidikan akan ditanggung oleh Mendag Enggartiasto Lukita. 

Tidak hanya itu Kementerian Perdagangan juga memberikan beasiswa kepada Daniel untuk nantinya bisa menempuh pendidikan lanjutan di Akademi Metrologi dan Insturmentasi (Akmet). Daniel diterima dalam pendidikan kedinasan dibawah Kementrian Perdagangan tersebut tanpa tes. Setelah lulus akademi nantinya langsung bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Dalam Negeri. 

Mendag Enggartiasto Lukita, mengaku bangga dengan aksi berani Daniel yang memanjat tiang bendera, demi berkibarnya bendera merah putih. Ia berharap beasiswa yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Beasiswa yang diberikan dikatakannya sebagai bentuk apresiasi dengan harapan memberikan semangat kepada Daniel untuk terus meraih prestasi yang terbaik.

Wabup Agus Tantomo yang turut mendampingi Daniel, mengungkapkan bahwa aksi yang telah dilakukan Daniel ini merupakan bentuk dari jiwa nasionalisme yang harus dipertahankan terus. Sebagai bentuk kecintaannya terhadap bangsa dan negara. Dimana ia spontan untuk memanjat tiang agar bendera merah putih dapat dikibarkan. 

“Saya sampaikan terima kasih atas tindakan berani yang dilakukan Daniel. Aksi ini akan dikenang terus oleh masyarakat,” ucapnya.

Dengan ini disampaikan Wabup menunjukkan semangat patriotisme di negeri ini sangat dihargai. Seperti yang telah ditunjukkan Daniel dengan tingkah heroiknya yang dihargai langsung oleh Menteri dengan mendapatkan beasiswa dari menteri secara pribadi dan juga dari kementerian untuk melanjutkan kuliah. 

“Saya mewakili pemerintah Kabupaten Berau dan masyarakat menyampaikan terima kasih kepada bapak Menteri Perdagangan yang memberikan beasiswa ini,” ungkapnya.

Sebelumnya Wabup Agus Tantomo juga memberikan santunan kepada Daniel, yang telah diserahkan beberapa waktu lalu. Bantuan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas apa yang telah dilakukan pelajar dari pulau terluar di Bumi Batiwakkal tersebut.(hms4)

» Terimakasih telah membaca: Dibiayai Hingga Lulus SMA, Masuk Akmet Tanpa Tes

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 24, 2018

0 comments :

Post a Comment