-->

Forum Kecamatan Sehat Segah Dibentuk

Posted by PORTALBERAU on 25 August 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Setelah melaksanakan pembentukan forum Kecamatan Sehat beserta sosialisasi kabupaten sehat di Maratua, Pengurus Forum Kabupaten Sehat Berau dipimpin Sri Juniarsih Muharram memberikan sosialisasi dan membentuk Forum Kecamatan Sehat di Kecamatan Segah. Pembentukan forum hingga ke kecamatan ini merupakan upaya dalam percepatan kabupaten sehat. 


Pembentukan dan sosialisasi kabupaten sehat digelar di pendopo Kecamatan Segah awal pekan kemarin. Camat Segah, Muzakkir menjadi pembina dari Forum Kecamatan Sehat. Bersama Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tepian Buah, masyarakat Segah merespon dan mendukung penuh keberadaan forum kecamatan segah.

Camat Segah, Muzakkir mengungkapkan, selama ini tengah berjalan untuk kebersihan tepian buah dalam Jumat bersih dalam setiap bulan, bahka program ini sudah menjadi program rutin di wilayah Kecamatan segah. Namun diakuinya program ini belum bisa maksimal, karena Tepian Buah sebagai ibukota kecamatan Segah belum memiliki TPA (tempat pembuangan akhir), sehingganya solusi yang dengan cara tradisional seperti membakar. Masyarakat yang bermukim di bantaran Sungai segah ini juga sudah sangat memahami dan menyadari dengan tidak membuang sampah ke sungai. 

“Warga juga tidak lagi membuang air besar di sungai, sudah ada jamban atau wc disetiap rumah warga,” ungkapnya.

Sementara Sri Juniarsih Muharram, selaku Ketua Forum Kabupaten Sehat, dalam sambutanya mengatakan dengan dibentuknya kecamatan sehat sangat menunjang kualitas hidup masyarakat. Kabupaten Sehat dikatakannya adalah suatu kondisi Kabupaten Berau yang bersih, nyaman, aman dan sehat dihuni penduduk, yang dicapai melalui  penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerah. 

Sri Juniarsih, juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan khususnya terkait tatanan pariwisata sehat untuk kecamatan Segah. Terlebih Kecamatan Segah yang merupakan kampung budaya dan juga memiliki objek wiata alam unggulan di pedalaman Berau, dikatakannya menjadi tujuan wisatawan. Sehingga program Kecamatan Sehat tentunya akan mendukung pariwisata di pedalaman Bumi Batiwakkal ini. 

“Untuk Segah telah memiliki wisata air terjun, saya berpesan agar perangkat kecamatan dan kampung bersama sama masyarakat mengelola pariwisata ini  dengan menjaga kebersihan lingkungan untuk terwujud pariwisata sehat,” tandasnya. (hms17)

» Terimakasih telah membaca: Forum Kecamatan Sehat Segah Dibentuk

Related Posts

Portal Berau Updated at: August 25, 2018

0 comments :

Post a Comment