-->

Bupati Sarankan Pemerintah Kampung Tunggal Bumi Maksimalkan Potensi Bus Sekolah

Posted by marta on 25 October 2018


TALISAYAN, PORTALBERAU- Dalam memaksimalkan alokasi dana kampung (ADK), Bupati Muharram mendorong agar pemerintah kampung dapat menggali sumber-sumber pendapatan yang ada. Berbagai peluang ekonomi maupun potensi yang dimiliki kampung agar lebih dimaksimalkan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi.

Salah satunya pengelolaan bus sekolah yang dimiliki oleh Kampung Tunggal Bumi. Bersumber dari ADK, pemerintah Kampung Tunggal Bumi, Kecamatan Talisayan, mengadakan bus sekolah sebagai alat transportasi untuk mengangkut anak-anak sekolah. Sebab selama ini anak sekolah yang ada di kampung itu kesulitan untuk menuju sekolah mengingat jarak yang harus ditempuh lumayan jauh. 

Bupati Muharram mengatakan ada peluang ekonomi yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah kampung untuk memaksimalkan bus sekokah tersebut. Selain untuk mengantar anak sekolah, dapat juga menjadi alat transportasi umum dan barang. Namun pemerintah kampung sebelumnya harus menyusun aturan hukum sehingga dapat menarik retribusi dari biaya transportasi tersebut. 

"Jadi kan ada manfaat lainnya yang bisa kita maksimalkan. Karena ini menjadi peluang untuk menambah pendapatan kampung," jelasnya. 

Muharram mengatakan potensi ekonomi di kampung ini harus terus digalakkan dengan maksimal. Karena ia menyakini seluruh kampung memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan dalam upaya menciptakan kemandirian ekonomi serta peningkatan lapangan kerja. 

"Seperti pengelolaan ADK yang bersumber dari APBN yang sistemnya dibuat swakelola. Ini bisa memberikan peluang lapangan kerja dengan melibatkan masyarakat setempat dalam pengerjaannya," tegasnya. 

Sementara Sekretaris Kampung Tunggal Bumi, Supri menyebut masukan yang diberikan Muharram tersebut kini menjadi pertimbangan yang akan dibahas bersama nantinya dengan masyarakat. Ia juga mengatakan pemerintah kampung akan terus menggali potesi ekonomi yang bisa digunakan dalam meningkatkan pendapatan di kampung. 

"Kita akan tampung masukan tersebut dan dibahas bersama untuk pengelolaan bus ini ke depannya," katanya. (Tim/humaspemdaberau)

» Terimakasih telah membaca: Bupati Sarankan Pemerintah Kampung Tunggal Bumi Maksimalkan Potensi Bus Sekolah

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 25, 2018

0 comments :

Post a Comment