-->

Inisiatif Labanan Makmur Lahirkan Bibit Penulis Baru

Posted by marta on 18 October 2018



TELUK BAYUR, PORTALBERAU- Pelatihan jurnalistik warga yang dilaksanakan Kampung Labanan Makmur, Kecamatan Teluk Bayur, sejak Rabu (17/10/18) hingga Jumat (19/10/18), mendapat apresiasi dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Timur (PWI Kaltim), Endro S Effendi.
 
Dikatakan Endro, saat ini belum banyak pemerintah kampung yang memiliki inisiatif untuk memberikan pelatihan dan pendidikan literasi kepada warganya. Padahal, pendidikan literasi maupun jurnalistik dinilai sangat penting untuk menunjang kemajuan suatu kampung.

“Berbicara Kabupaten Berau, rasa-rasanya baru kali ini ada kampung yang berinisiatif memberi pelatihan jurnalistik khusus untuk warga kampungnya, yaitu di Labanan Makmur. Terakhir yang saya tahu di Kampung Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara,” ujarnya, Kamis (18/10/18).

Lanjut Endro, jika ada kampung yang meminta kepada pihaknya untuk memberikan pelatihan jurnalistik, pihaknya tidak akan menolak. Sebab menurutnya, dari pelatihan-pelatihan tersebut akan bermunculan bibit-bibit penulis.

“Dari sinilah muncul generasi penulis. Mereka juga akan menjadi generasi yang memperkenalkan kampung halamannya ke dunia luar, sebab tidak mungkin kampungnya akan dikenal sampai ke luar kalau hanya berharap wartawan datang untuk meliput kampung mereka. Merekalah yang membuat berita sendiri,menulis tentang kampung mereka hingga banyak yang mengenal,” ungkapnya.


Selain itu, dengan ilmu jurnalistik dasar yang akan diperoleh warga kampung yang menjadi peserta, akan mampu membentengi dari informasi hoax yang saat ini marak beredar, sehingga seluruh masyarakat kampung terbebas dari informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Dari sini mereka akan belajar bukan hanya tentang bagaimana menulis, tapi juga akan menjadi pelopor anti hoax di kampung mereka. Mereka akan paham mana yang berita bohong, mana yang berita sesuai fakta atau bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” terangnya.

Ia pun berharap, ke depan akan banyak kampung-kampung lain di Berau yang juga memberikan pelatihan serupa kepada warganya, agar lahir generasi penulis baru di Berau yang mampu mengangkat nama kampung mereka masing-masing. 

“Saya salut kepada Kepala Kampung Labanan Makmur, karena begitu peduli terhadap hal-hal yang terkadang dianggap kurang penting seperti ini, padahal sangat penting dan bermanfaat bagi kampungnya," tandasnya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Inisiatif Labanan Makmur Lahirkan Bibit Penulis Baru

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 18, 2018

0 comments :

Post a Comment