-->

Gelar Fashion Show Batik Kerja

Posted by PORTALBERAU on 20 December 2018

Humas Pemkab

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU— Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) bekerja sama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mengelar fashion show batik kerja serta lomba desain motif batik.
Dalam sambutannya Kepala Diskoperindag Berau Wiyati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan program usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K).

“Kegiatan ini yang dilakukan ini diharapkan memiliki dampak positif. Dimana para kaum ibu yang terlibat dalam kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilannya dan menjadi bagian dalam usaha peningkatan perekonomian keluarga,” jelasnya.

Disampaikannya bahwa pemerintah akan terus memberikan dukungan dalam kapasitas industri di masyarakat baik yang skala keluarga maupun menengah. Program ini merupakan bagian yang terus ditingkatkan oleh Diskoperindag melalui sektor UKM. 

“Sekarang ini ditingkatkan bertahap mulai dari tenun dan batik. Sudah dilakukan pembinaan hingga peningkatan fasilitasnya,” katanya. 

Sementara Ketua Dekranasda Berau Sri Juniarsih Muharram menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan yang kali pertama digelar. Namun kedepan diharapkan kegiatan ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan. Sehingga upaya dalam mendorong peningkatan kreatifitas para pengerajin dapat terwujud. Tentu hal ini pun akan berdampak nyata terhadap pengembangan produk-produk asli daerah. 

“Kedepan bisa lebih meningkat lagi. Dan berikan inspirasi untuk memajukan Berau,” tegasnya.

Diungkapkan saat ini yang menjadi tantangan adalah mengolah produk lokal ini menjadi barang yang memiliki nilai lebih dan menjadi buah tangan kepada wisatawan. Dimana saat ini tingkat kunjungan wisatawan ke Berau mengalami peningkatan tajam. Sehingga peluang dalam memasarkan produk hasil kerajinan daerah dapat diwujudkan. 

“Ini menjadi tantangan bagi kita semua. Bagaimana kita bisa menghasilkan kenangaan yang akan dibawah pulang oleh wisatawan,” ajaknya.

Sering dengan berjalannya pengembangan batik ini. Seluruh kecamatan pun diharapkan terus menghasilkan kreatifitasnya untuk menciptakan batik masing-masing. Ia mendorong agar seluruh anggota Dekranasda dapat mengembangkan dan menjadi bagian dalam peningkatan batik daerah ini. 

“Melalui kegiatan ini kita juga dapat mengetahui sejauh mana perkembangan batik di Berau. Dan hasilnya sangat luar biasa. Kedepan pengerajin dan pengembang batik ini dapat bertambah,” pungkasnya. (hms5) 

» Terimakasih telah membaca: Gelar Fashion Show Batik Kerja

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 20, 2018

0 comments :

Post a Comment