-->

Kampanye Sungai Bebas Sampah DLHK Minta Masyarakat Sadar

Posted by PORTALBERAU on 4 December 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, terus menggalakkan kampanye Sungai Segah dan Sungai Kelay bebas sampah. Bahkan, salam sepekan terakhir, DLHK juga melakukan pembersihan sampah di Sungai Segah, salah satu titiknya yang berada di Jalan Pulau Derawan, Tanjung Redeb. 

Hal itu dilakukan guna mencegah sungai tercemar oleh limbah sampah yang dapat mengganggu kesehatan lingkungan. Terlebih, salah satu sumber utama air bersih atau bahan baku yang digunakan PDAM berasal dari sungai tersebut. 

Selain itu, Kepala Bidang Kebersihan dan Limbah B3 DLHK, Junaidi, kampanye tersebut juga merupakan gerakan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, terutama sungai dengan tidak membuang sampah ke tempat yang tidak semestinya. 

“Selain mengancam bahan baku air bersih kita yang diolah PDAM, membuang sampah ke sungai juga mengancam keberadaan pulau-pulau wisata kita. Karena sampah dari sungai bisa terbawa hingga ke laut,” katanya. 

Proses pembersihan sungai juga dianggarkan secara khusus agar dapat dilakukan secara rutin. Dalam sepekan terakhir total sampah baik organik maupun non organik yang berhasil diangkut dari Sungai Segah sudah lebih dari 60 kubik.

“Kalau sampah non organik sudah pasti ini pasti ulah masyarakat yang gemar buang sampah ke sungai, masih banyak yang jauh dari kesadarannya,” tegasnya.

Dengan kampanye sungai bebas sampah tersebut, Junaidi mengaku setidaknya pihaknya bisa mengurangi sedikit demo sedikit volume sampah yang berada di sungai. 

Sementara itu, lewat kampanye tersebut juga pihaknya berharap masyarakat yang kerap bersantai di Tepian Sungai Segah Jalan Pulau Derawan, maupun Jalan Ahmad Yani, tidak membuang bungkus makanan atau minuman langsung ke sungai.

“Daripada langsung membuang ke sungai, lebih baik habis makan dan minum biarkan saja, karena nanti akan dikumpulkan oleh pedagang dan ada petugas kami yang mengangkut. Tapi bagi yang sadar, akan lebih baik kalau langsung dibuang ke tempat sampah yang sudah disediakan,” pintanya. 

Selain membuang sampah ke sungai, pihaknya juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke drainase atau saluran air yang berada di dalam Kota Tanjung Redeb dan sekitarnya. 

"Sampah-sampah yang terbuang di saluran air bisa hanyut hingga ke sungai, apalagi pas hujan dan saluran penuh air, ” tandasnya. (Tim) 

» Terimakasih telah membaca: Kampanye Sungai Bebas Sampah DLHK Minta Masyarakat Sadar

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 04, 2018

0 comments :

Post a Comment