-->

Kerukunan Umat Beragama Terus Digaungkan

Posted by PORTALBERAU on 11 December 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Bupati Muharram menegaskan bahwa menjaga kerukunan umat beragama merupakan suatu hal yang harus dilakukan terus. Dengan melakukan tindakan preventif oleh masing-masing pemuka agama serta meningkatkan peran forum kerukunan umat beragama (FKUB). Salah satunya seperti yang telah dilakukan FKUB dengan melakukan dialog tokoh agama pada Minggu (9/12) lalu.

Muharram mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat sering dilakukan. Dimana kegiatan ini merupakan salah satu langkah preventif dalam menjaga kerukunan umat beragama. Sekaligus mengantisipasi timbulnya perpecahan. Apalagi memasuki tahun-tahun politik saat ini. Tentu potensi gesekan sangat sering terjadi. Oleh karena itu ia terus mengingatkan agar masing-masing pemuka agama dapat lebih pro aktif dalam menjaga gesekan yang timbul ini.

“Hal sekecil apapun harus kita antisipasi. Jangan sampai menjadi besar dan berlarut. Ini akan menjadi persoalan yang tidak dapat kita atasi. Oleh karena itu saya ingatkan terus jika memang ada suatu persoalan harus dapat diselesaikan dengan cepat,” tegasnya.

Menurut Muharram dalam menjaga persatuan ini hal yang harus diperhatikan adalah membangun kebersamaan antar sesama umat beragama. Saling memahami dan menghargai ini menjadi modal kuat untuk mengantisipasi terjadinya perpecahan. Kondisi seperti ini sudah terbangun di Berau. Perbedaan yang terjadi dapat terjaga dengan baik tanpa adanya gesekan yang dapat menimbulkan perpecahan.

“Mari kita pertahankan terus kondisi aman yang telah terjalin ini. Jangan sampai ada yang merusaknya. Hingga akhirnya menimbulkan kegaduhan di daerah. Hal ini lah yang dapat menghambat pembangunan di daerah. Tapi kalau semuanya terjaga dengan aman dan baik tentu program pembangunan juga berjalan maksimal,” katanya.

Diingatkan juga kepada seluruh para peserta yang hadir dalam kegiatan itu agat tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang berkembang saat ini di sosial media. Ia menilai bahwa isu-isu perpecahan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab ini jangan sampai mempengaruhi kondisi yang telah terjaga saat ini. 

“Saya tegaskan kembali bahwa apa pun agama yang kita yakini selama saling menghormati dan menghargai maka tidak akan terjadi perpecahan ini,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Kerukunan Umat Beragama Terus Digaungkan

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 11, 2018

0 comments :

Post a Comment