-->

TP PKK Gelar SMEP di Wilayah Pesisir

Posted by PORTALBERAU on 11 December 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Setelah melakukan supervisi monitoring, evaluasi dan pelaporan (SMEP) di wilayah pedalaman dan kepulauan. Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) melakukan SMEP ke lima kecamatan di wilayah pesisir selatan Bumi Batiwakkal, pekan kemarin. Tidak hanya menggelar SMEP ditingkat kecamatan, namun kegiatan yang dipimpin langsung Ketua TP PKK, Sri Juniarsih Muharram, melakukan uji petik ke perwakilan kampung disetiap kecamatan. Tujuannya untuk melihat secara langsung geliat dari setiap PKK kampung dalam menjlankan 10 program pokok PKK maupun kegiatan lain dalam pemberdayaan masyarakat.


Diawali di Kecamatan Tabalar, TP PKK Kabupaten Berau menggelar pertemuan dan dikusi dengan pengurus TP PKK Kecamatan maupun Kampung di wilayah ecamatan Tabalar. Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa program yang telah dilaksanakan maupun yang menjadi perencanaan kedepan. Termasuk penguatan kelembagaan maupuin tertib administrasi. SMEP yang juga dilakukan langsung ke kecamatan dan ke beberapa kampung tersebut, menjadi media koordinasi dan membangun komunikasi aktif antar pengurus PKK disetiap tingkatan. 

“Dengan pembinaan langsung ini menjadikan sinergisitas PKK disetiap jenjang akan semakin mantap dan 10 program pokok Pkk akan berjalan dengan maksimal,” ungkap Ketua TP PKK Berau, Sri Juniarsih Muharram disela pelaksanaan SMEP.

Dari Kecamatan Tabalar TP PKK Kabupaten Berau melanjutkan kegiatan SMEP di Kecamatan Biatan, Biduk Biduk, Batu Putih dan berakhir di Kecamatan Talisayan. Kegiatan SMEP yang merupakan program rutinan tahunan ini memiliki nilai strategis untuk memastikan berjalannya struktur organisasi TP PKK di kecamatan hingga TP PKK kelurahan dan kampung 

“Ini yang menjadi semangat kami untuk turun langsung ke setiap kecamatan dan juga beberapa kampung melihat kegiatan yang telah dilaksanakan maupun yang diprogramkan berikutnya dan kendala yang dihadapi, sehingga sinergi program akan berjalan dengan baik pusat hingga ke tingkat paling bawah,” ungkapnya.

Dari kegiatan SMEP yang telah dilaksanakan dengan mengunjungi dan meninjau langsung kegiatan TP PKK kecamatan dan kampung, Sri Juniarsih memberikan apresiasi kepada para pengurus dan kader PKK disetiap tingkatan yag selama ini telah aktif menjalankan program dan kegiatan. Termasuk membangun sinergi sebagai mitra pemerintah maupun dengan lembaga lainnya. 

“Kita berharap kemitraan yang telah terbangun dari terus diperkuat dalam mendukung pelaksanaan 10 program pokok pkk,” tandasnya.

Saat ini dalam pelaksanaan SMEP juga sudah dilengkapi dengan instrumen SMEP yang akan lebih memudahkan dalam melaksanakan evaluasi. Sehingga dengan instrumen tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan pembinaan selanjutnya. (hms4)

» Terimakasih telah membaca: TP PKK Gelar SMEP di Wilayah Pesisir

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 11, 2018

0 comments :

Post a Comment