-->

Wabup Buka Festival Literasi di SMAN 1

Posted by PORTALBERAU on 11 December 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Wakil Bupati Agus Tantomo secara resmi membuka seminar literasi dan HUT PIK Korps SMA Negeri 1 Berau, Senin (10/12) pagi. Pembukaan ditandai dengan pemotongan tumpeng serta pelepasan balon ke udara. Dalam pembukaan ini dirangkai juga dengan peringatan Hari AIDS se-Dunia.


Pada kesempatan itu, Kepala Sekolah SMAN 1, Saleh menyampaikan bahwa saat ini sangat banyak pekerjaan rumah yang harus dipenuhi dalam pengembangan dunia pendidikan. Dan tantangan yang dihadapi sekolah pun sangat beragam dalam mengembangkan karakter dan kemampuan akademis seluruh pelajar.

Ia menegaskan bahwa saat ini telah ditetapkan untuk mewujudkan genereasi 4.0. Yang artinya setiap generasi harus dapat memahami perkembangan teknologi serta memanfaatkannya sesuai dengan nilai-nilai positif. “Kemudahan akses ini yang perlu kita maksimalkan lagi,” katanya.

Saleh menambahkan, ada tiga hal yang perlu menjadi perhatian di dunia pendidikan saat ini. Yaitu pengemangan karakter, kompetensi serta literasi. Ketiga komponen ini saling melengkapi satu sama lain untuk mendukung peningkatan sumber daya manusia (SDM). 

“Jika ini terlaksana dengan baik saya yakin kemajuan dunia pendidikan dapat terealisasi,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati Agus Tantomo menegaskan kalau kemajuan sebuah negara itu sangat ditentukan oleh sumber daya alam (SDA) dan SDM. Kedua hal ini merupakan sumber kekuatan yang akan mendongkrak kemajuan bangsa tersebut. Sehingga harus dilengkapi dengan utuh. 

“Banyak contoh yang dapat kita lihat, salah satunya seperti Singapura yang tidak memiliki SDA tapi negaranya maju. Tapi di Indonesia SDA ini melimpah tinggal melengkapi SDM saja,” katanya.

Menurutnya saat ini informasi yang diperlukan itu sangat mudah diproleh. Tinggal bagaimana mengolah informasi ini menjadi sesuatu yang memiliki manfaat. Agus pun mendorong seluruh pelajar agar terus mengali potensi dirinya dengan banyak membaca. Melalui bacaan ini lah yang akan mendorong minat pelajar itu berkembang. 

“Mari kita menjadi generasi milenial yang tidak ketinggalan perkembangan informasi. Saya yakin kalau kita semua rajin membaca maka informasi hoax ini tidak akan mempengaruhi kita,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Wabup Buka Festival Literasi di SMAN 1

Related Posts

Portal Berau Updated at: December 11, 2018

0 comments :

Post a Comment